Cek Fakta, Video Warga Pingsan saat Vaksin Covid-19 di Kedung Asem Kota Probolinggo

2961

Probolinggo (WartaBromo.com) – Sebuah video memperlihatkan seorang pria pingsan setelah divaksin viral di sosial media. Vaksinasi tersebut dikatakan ada di Kelurahan Kedung Asem, Kecamatan Wonasih, Kota Probolinggo.

Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu terlihat seorang pria dengan baju putih sedang divaksin. Setelah itu, Ia diminta menuju ke pos berikutnya.

Sayangnya, saat berada di pos selanjutnya, pria ini pingsan. Ia kemudian dibaringkan di brankar, dan dimasukkan ke ambulance.

Video ini beredar luas di Whatsapp. Bunyi yang beredar, vaksinasi ini dilakukan di Kelurahan Kedung Asem, Kota Probolinggo.

Faktanya, video berdurasi 1 menit 30 detik tersebut merupakan potongan dari video berdurasi 3 menit 41 detik. Video ini dibuat untuk simulasi vaksinasi Covid-19 perdana di kantor Gubernur NTT pada Rabu (13/01/2021).

Jadi bisa dikatakan narasi yang beredar mengenai vaksinasi di Kota Probolinggo dari video, tidak benar. Plt Kadinkes P2KB Kota Probolinggo, dr NH Hidayati mengatakan, pemkot masih menunggu pusat untuk melakukan vaksinasi.

Sementara kejadian pingsan tersebut menjadi bagian dari simulasi vaksinasi Covid-19. (may/ono)