“Bapak” Kisah Banser dalam Film Pendek, Yuk Nonton!

1111

Pasuruan (wartabromo.com) – Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Gerakan Pemuda Ansor NU merupakan salah satu badan otonom Nahdlatul Ulama.

Berawal dari Banoe (Barisan Ansor Nahdlatul Oelama) ANO Cabang Malang. Banser lalu muncul ke permukaan nasional setelah Kongres II ANO pada 1937 silam.

Seiring perkembangan jaman, Banser telah memiliki peran penting di tubuh NU dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Meski, pro kontra masih mewarnai perjalanannya sebagai benteng ulama di Indonesia.

Sebuah film pendek yang menceritakan sekelumit kehidupan anggota Banser dan keluarganya ditampilkan dalam film berjudul Bapak.

Film besutan Korsuka Production ini mengisahkan tentang sosok anggota Banser bernama Samijo yang hidup menduda dan tinggal bersama anak semata wayangnya, Agus.

Samijo hanyalah penjual cilok yang hidupnya pas – pasan. Namun kecintaannya terhadap Ansor dan Banser membuat dirinya dikenal sangat giat dalam kegiatan organisasi kemasyarakatan.

Anaknya yang beranjak remaja pun kerap memprotesnya agar berhenti menjadi anggota Banser menyusul keberadaannya yang selalu jadi bahan pergunjingan netizen di media sosial maupun oleh teman mainnya.

Yuk Tonton Filmnya!

(yog/yog)