Awan “Cantik” Menyembul di Langit Pasuruan, Petanda Apa?

5040

 

Sukorejo (WartaBromo.com) – Awan cantik menyembul di atas langit Kabupaten Pasuruan, Rabu (3/2/2021). Sejumlah warganet sempat mengabadikan momen indah tersebut.

“Pagi ini Lurrr awan hitam dilangit kayak ada pusaran tornado,” tulis akun Facebook Dian Cahya, Rabu (3/2/2021).

Sementara itu, salah satu warganet di Twitter, mengunggah foto awan lenticular pada pukul 06.00. Foto awan itu ia sebut diambil di Sukorejo, Pasuruan.

“Dini hari tadi ada dentuman keras, mungkin ada yang dengar ??? Pagi ini ada fenomena langit berbentuk pusaran angin… Semoga semua aman dan terkendali,” tulis akun @deni_se16.

Kepala Stasiun BMKG Pasuruan Sujabar saat dikonfirmasi Wartabromo, menyebut awan cantik tersebut merupakan awan lentikularis. Awan tersebut biasanya muncul di sekitaran gunung atau dataran tinggi.

Baca Juga :   Pasuruan-Lumajang Waspadai Hujan Es hingga Petir di Musim Pancaroba

“Secara umum awan tersebut tidak berbahaya. Akan tetapi, bagi dunia penerbangan cukup Berbahaya. Karena pesawat akan mengalami turbulensi atau guncangan,” ungkap Sujabar.

Munculnya awan Lentikularis, kata Sujabar, terjadi akibat adanya gelombang gunung atau angin lapisan atas (di atas permukaan) yang cukup kuat dari satu sisi gunung yang membentur dinding pegunungan.

“Sehingga menimbulkan turbulensi di sisi gunung lainnya dan membentuk awan-awan bertingkat yang berputar,” urainya.

Lebih lanjut, Sujabar menguraikan, awan semacam ini mengindikasikan adanya turbulensi atau putaran angin secara vertikal yang cukup kuat. Sehingga berbahaya bagi penerbangan rendah seperti helikopter di sekitar awan.

Kendati demikian, fenomena awan semacam ini secara Meteorologi tidak mengindikasikan fenomena lain seperti akan datangnya gempa atau bencana besar lainnya.

Baca Juga :   Pancaroba, Pandaan-Prigen Mulai Diguyur Hujan

“Jadi awan tersebut hanya mengindikasikan adanya turbulensi di lapisan atas, bukan di permukaan bumi,” tandasnya.

Fenomena awan cantik ini jarang terjadi dan bersifat momentum atau waktu- waktu tertentu. Biasanya ditandai adanya kecepatan angin yang cukup kuat lebih dari beberapa hari di sekitar pegunungan. (oel/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.