Pasar di Kota Pasuruan Sering Bocor Hingga Becek, Gus Ipul: Pasar Kita Kumuh

764

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sejumlah pedagang dari enam pasar di Kota Pasuruan mengeluhkan kondisi pasar mereka masing-masing kepada Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Gus Ipul kemudian menanggaapi, bahwa pasar di Kota Pasuruan masih kumuh.

Menurut Gus Ipul, ada banyak masalah di pasar yang ada di Kota Pasuruan mulai sarana dan prasarana yang kurang memadai. Seperti sering bocor, jalanan becek, sampah, hingga masalah parkir kendaraan.

“Secara umum kan itu kemudian bisa disebut pasar kita memang kumuh,” kata Gus Ipul di acara pembinaan pedagang pasar, Kamis (25/03/2021).

Salah satu pedagang di Pasar Mebel Bukir, Lilik kemudian mengatakan bahwa di Pasar Mebel Bukir saat ini tidak ada toilet. Sehingga menyusahkan pengunjung maupun pedagang. Selain itu, ia juga meminta agar pemerintah segera melakukan rehab Pasar Bukir setelah peristiwa kebakaran tahun 2017.

“Dulu itu pernah ada toilet. Lalu rusak. Tapi tak kunjung direhab, malah dijadikan gudang,” kata Lilik.

Tak hanya Pasar Mebel Bukir, pedagang dari semua pasar yang ada di Kota Pasuruan juga menyampaikan masalah yang terjadi di tempatnya masing-masing.

Menanggapi hal ini, Pemkot Pasuruan, kata Gus Ipul, bakal segera mengidentifikasi dan mencarikan solusi atas permasalahan tersebut. Semua pasar akan menjadi bakal menjadi prioritas.

Ia menargetkan tahun ini masalah-masalah tersebut bisa tuntas. Perbaikan-perbaikan semua pasar sebagaimana yang dikeluhkan pedagang, menurut Gus Ipul, diestimasikan membutuhkan dana sebesar Rp1-2 miliar.

“Kita usahakan dana pergeseran dalam perubahan yang akan datang. Insyaallah,” imbuh Gus Ipul. (tof/may)