Duh! Ini Daftar Film Paling Mengerikan hingga Tak Boleh Ditayangkan

2379

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hari ini tepat memperingati Hari Film Nasional (HFN) ke 71 tahun. Namun tahukah bolo, ada film yang sudah dibuat namun tak boleh ditayangkan?

Dinukil dari kompas.com, peringatan HFN ini ditetapkan oleh Dewan Film Nasional dan disahkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 tahun 1999 oleh BJ Habibie, 29 Maret 1999. Serta, menjadi momentum sejarah awal mula pengambilan gambar film Darah dan Doa yang disutradarai Usmar Ismail.

Itu juga menjadi momen pertama kalinya film dibuat orang Indonesia dan perusahaan film asli Tanah Air. Untuk memperingatinya, WartaBromo menyajikan daftar film paling mengerikan hingga yang dilarang tayang.

Apa saja? Ini dia!

1. Sinister

Sinister menceritakan serangkaian pembunuhan keluarga yang mengerikan. Berdasarkan hasil penelitian, film ini paling ditakuti penonton karena tragedinya yang mencekam.

Baca Juga :   Waspada! Ini Dampak Negatif dan Positif Nonton Film Horor Sendirian bagi Kesehatan

Hasil penelitian menyebutkan rata-rata detak jantung peserta yang mulanya 65 BPM (denyut per menit), menjadi meningkat sebanyak 32% alias 86 BPM. Artinya, Sinister merupakan film paling mengerikan dibandingkan lainnya.

2. Insidious

Setelah Sinister, Insidious juga merupakan film yang mampu meningkatkan detak jantung penonton mencapai 85 BPM. Tak heran jika film yang menceritakan tentang teror hantu ini banyak ditonton oleh orang yang ingin mencoba memacu adrenalin.

3. Perempuan Tanah Jahannam

Tak hanya luar negeri saja, Indonesia tak kalah apik dalam memproduksi film-film terbaik. Salah satu film paling mengerikan di Indonesia berjudul “Perempuan Tanah Jahannam”.

Film menceritakan tentang dua orang sahabat (Maya dan Dini) yang lolos dari upaya pembunuhan, kemudian kembali ke rumah warisan yang ada di suatu desa. Sayangnya, sesampainya di rumah itu, kenyataan tentang masa lalu Maya terkuak sebegitu mengerikan.

Baca Juga :   Perempuan Tanah Jahanam: Syuting di Bangil dan Zam-zam buat Sutradara

4. A Serbian Film (2010)

Daftar berikutnya adalah A Serbian Film yang diproduksi tahun 2010. Film ini mengisahkan seorang bintang porno yang mengalami masalah ekonomi.

Untuk mendongkrak keuangan, ia harus menerima tawaran bermain film seni dengan adegan menjijikkan, yakni berperan sebagai pedofil dan menyetubuhi jenazah. Saking mengerikannya, film ini dilarang tayang di layar kaca.

5. South Park: Bigger, Longer & Uncut (1999)

Tak hanya film bergenre horor saja yang dilarang tayang, ternyata film yang diproduksi tahun 1999 ini dilarang tayang karena mengangkat unsur komedi satir akan kebebasan berpendapat dan sensor.

Berawal dari serial televisi berjudul South Park, film animasi ini secara keras menyindir Disney dengan segala cerita Beauty and the Beast dan The Little Mermaid. Film animasi ini juga mengangkat sisi politik, seperti menggambarkan Saddam Hussein sebagai setan homoseksual hingga memicu keributan dua negara.

Baca Juga :   Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004): Lali Rupane, Eleng Rasane

Oleh karena itulah, South Park: Bigger, Longer & Uncut dilarang tayang di enam belas negara, termasuk Indonesia dan Aran Saudi.

6. Fifty Shades of Grey (2015)

Film yang disutradarai oleh Sam Tylor-Jhonson dan dibintangi oleh Dakota Johnson serta Jamie Dorman ini banyak mengundang kritikan dari berbagai negara. Padahal, film ini hasil adaptasi dari novel yang berjudul sama.

Hanya saja, di dalamnya menyajikan sisi romantis dan adegan seksual vulgar yang terkesan sadis. Oleh karena itu, secara otomatis Lembaga Sensor Film Nasional melarang film ini tayang diseluruh layar lebar.

Selain keenam daftar film di atas, apakah ada judul film lain yang paling mengerikan versi bolo warmo? (trj/may)