Pagi Ini, Facebook hingga Instagram Dilaporkan Down

352

Lumajang (WartaBromo.com) – Sosial media Facebook dilaporkan down pada Jumat (09/04/2021). Sejumlah fitur tak bisa diakses.

Berdasarkan pantauan WartaBromo sejak Jumat dini hari, aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini tak bisa digunakan. Padahal beberapa pemberitahuan dari aplikasi Facebook masih diterima di ponsel.

“Ada masalah, silahkan coba lagi,” keterangan saat WartaBromo membuka fitur Facebook pada 09.38 WIB.

Selain itu, situs downdetector juga menunjukkan adanya laporan masalah pada Facebook. Setidaknya ada lebih dari 300 laporan yang diterima situs ini.

Facebook kemudian memberikan keterangan dalam laman Twitternya.

“Dan kami kembali! Sebelumnya hari ini, perubahan konfigurasi menyebabkan layanan Facebook tidak tersedia untuk beberapa orang. Sejak itu, kami dengan cepat menyelidiki dan menyelesaikan masalah,” tulis Facebook pada pagi tadi.

Namun hingga saat ini, layanan masih belum bisa digunakan di beberapa pengguna.

Selain Facebook, Instagram juga dilaporkan mengalami permasalahan. Warga Twitter berbondong-bondong menulis cuitan dengan tagar #instagramdown hingga trending topic.

Dalam situs downdetector pun, sudah asa lebih dari 500 laporan tentang hal ini.

“Apakah #instagramdown? Kami tahu beberapa orang sedang mengalami masalah saat ini. Kami sedang mengerjakannya dan berharap semuanya berjalan lancar secepat mungkin,” jelas Instagram.

Mereka pun mengungkap jika masalah telah teratasi. Namun ada beberapa pengguna yang masih tidak bisa mengakses instagram. (may/ono)