Tips Jalani Vaksinasi Covid-19 Agar Tak Lemas saat Puasa

492
Vaksinasi Covid-19 saat bulan ramadan. Foto: A Romadoni.

Pasuruan (wartabromo.com) – Vaksinasi Covid-19 terus dilakukan di bulan Ramadan ini. Padahal beberala orang yang divaksin mengalami peningkatan nafsu makan.

Sheirly Marlena, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan mengatakan, vaksin covid-19 ini halal dan aman dilakukan saat bulan puasa. Karenanya, masyarakat harus bisa menjaga kebugaran tubuh saat puasa.

“Vaksin covid-19 aman dan halal dilakukan saat puasa,” tutur Shierly kepada wartabromo.com, Rabu (14/4/2021).

Adapun tips yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah, menjaga pola makan yang sehat saat buka puasa dan sahur. Terutama dengan banyak konsumsi sayur dan buah saat buka maupun sahur. Hal itu merupakan salah satu cara paling gampang dan ampuh untuk tetap fit saat berpuasa, meski menjalani vaksinasi.

“Tips sehat, sahur dan buka dengan menu yang seimbang, cairan tubuh terjaga, gizi seimbang, istirahat yang cukup. Sayur dan buah itu lebih baik,” tuturnya.

Meski demikian, warga yang memiliki keluhan atau daya tahun tubuh kurang saat bulan puasa, nantinya akan dilakukan pengecekan kesehatan.  Masyarakat yang tidak lolos screening kesehatan bisa menunda terlebih dahulu beberapa menit untuk vaksinasi.

“Nanti kan ada petugas screening, mana yang layak atau tidak,” tandasnya. (don/may)