Awas! Ini 5 Godaan Iblis yang Sering Mengintai Manusia Saat Puasa

2987

Pasuruan (WartaBromo.com) – Meski dalam hadits dijelaskan bahwa iblis dibelenggu selama bulan puasa, ternyata masih banyak manusia yang terhasut. Baik melakukan kesalahan kecil hingga besar.

Sebagaimana diketahui, menurut sebagian ulama berpendapat, iblis memang dibelenggu di bulan suci. Hanya saja lisan-lisan setan tetap bisa menggoda manusia yang lemah imannya.

Dinukil dari beberapa sumber, sebaiknya sebagai umat muslim berhati-hati karena ada 5 godaan iblis yang sering mengintai manusia saat puasa.

Apa saja? Ini dia:

1. Pelit Sedekah

Bulan Ramadan adalah bulan sedekah. Dibanding bulan lain, sedekah di bulan suci akan mendapat pahala yang berlipat-lipat ganda.

Menurut kitab Lathaif Al-Ma’arif, bersedekah di bulan Ramadhan senilai sedekah untuk jihad di jalan Allah. Namun iblis akan menggoda manusia tentang kebutuhan uang yang besar baik saat Ramadan maupun saat lebaran nanti.

Oleh karena itu, manusia yang lemah imannya akan terhasut dan menjadi enggan sedekah. Mengapa? Karena berpikir bahwa di bulan Ramadan kebutuhan semakin banyak. Belum lagi untuk membeli perlengkapan lebaran nantinya.

2. Terlalu Sibuk dengan Hal yang Tidak Penting

Penting diketahui, setiap detik di Bulan Ramadan sangatlah berharga. Ibrahim An-Nakha’i mengatakan bahwasanya bacaan satu tasbih di Bulan Ramadan senilai seribu.

Sayangnya, tak semua umat muslim sadar akan hal ini sebab telah dihasut setan.

Apa yang terjadi? Akhirnya banyak yang merasa sibuk dengan hal yang tidak penting, sehingga melalaikan kualitas ibadah selama Ramadhan.

3. Taubat Musiman

Seseorang yang tadinya malas ke masjid, berubah menjadi sangat rajin bahkan sering kali itikaf di masjid. Seorang yang tak pernah berdzikir, menjadi ahli dzikir, dan yang tak pernah menyentuh Al-Qur’an, kemudian mengkhatamkannya berkali-kali.

Sayangnya, orang-orang hanya melakukannya di Bulan Ramadan. Inilah godaan iblis yang sering terjadi di bulan suci. Begitu Ramadan usai, kebiasaan baik tersebut hilang seketika.

4. Tamak dan Kekenyangan

Begitu waktu berbuka, beragam makanan dan minuman tersaji. Iblis akan menggoda agar seseorang merasa tamak dan ingin menyantap beragam panganan.

Tak jarang makanan tersebut menjadi mubazir atau bahkan perut kekenyangan berlebih. Padahal Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya orang yang lebih sering kenyang di dunia, dialah yang akan sering lapar di hari kiamat nanti.” (HR. Tirmidzi).

5. Marah

Seorang yang lapar akan mudah marah. Inilah godaan syaithan yang paling ampuh untuk orang yang berpuasa.

Padahal seorang yang berpuasa bukanlah sekedar menahan lapar dan haus, melainkan juga sifat marah dan akhlak buruk lain. Pahala puasa bahkan tak akan diperoleh seorang yang marah saat berpuasa. (trj/may)