Ingin Khatam Al-Qur’an Selama Ramadan? Ini Empat Hal yang Harus Dilakukan

386

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk berlomba-lomba melakukan ibadah. Tadarus mengkhatamkan Al-Qur’an menjadi salah satu ibadah yang paling diandalkan saat Ramadan.

Sayangnya, masih banyak orang mengeluh tentang kegagalannya mengkhatamkan Al-Qur’an saat Ramadan. Salah satu penyebabnya karena kesibukan atau waktu yang tidak memungkinkan.

Padahal mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadan bukan hal mustahil dan tidak sulit dilakukan. Asalkan melakukan empat hal berikut ini:

  1. Berniat dengan Sungguh-Sungguh

Tidak ada kekuatan yang lebih dahsyat kecuali niat yang bulat dan kuat untuk mewujudkan khatam Al-Quran. Niatan tersebut akan mengalahkan apapun godaan yang bisa mengalihkan istiqomah untuk membaca Alquran.

Oleh karena itu, jika memang ingin mengkhatamkan Alquran selama Ramadan, mantapkan niat lebih dahulu. Jangan hanya sekedar ingin sombong atau agar terlihat keren saja.

  1. Menjadikan Membaca Alquran Sebagai Kebutuhan

Hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah menanamkan mindset bahwa membaca Alquran merupakan sebuah kebutuhan. Artinya, membaca Alquran bukan hanya sekedar dibaca untuk menggugurkan kewajiban saja.

Dengan demikian, kita akan terdorong untuk terus membaca Alquran di saat luang. Tak hanya itu, apabila poin ini dicamkan dengan sungguh-sungguh maka kita bisa semakin dekat dengan Allah SWT.

  1. Rutin Membaca Alquran Setiap Selesai Sholat

Selain kedua hal di atas, membaca Alquran dengan rutin juga bisa mengkhatamkannya selama Ramadan. Setidaknya sisihkan 5-10 menit setelah sholat untuk membaca Alquran.

  1. Membagi Bagian Surat atau Per-Juz

Sebenarnya, bagi orang yang ingin khatam Alquran selama Ramadan, seharusnya cermat dalam membagi waktu. Pastikan membagi bagian surat yang hendak dibaca dalam satu hari.

Dengan begitu, target khatam 30 juz dalam 1 bulan bisa terpenuhi. Apabila keberatan melakukannya sendiri, bisa juga melakukan tadarus bersama teman atau kerabat. (trj/may)