Hujan Deras, Kabel PLN Melintang di Jalan Desa Wonotoro

470

 

Sukapura (wartabromo.com) – Kabel tegangan rendah milik PLN, melintang di jalan Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Kabel di jalur wisata Bromo tersebut menggelantung mendekati permukaan tanah dan cukup berbahaya bagi keselamatan pengguna jalan.

Informasi warga setempat, kabel tersebut melintang pasca hujan deras mengguyur kawasan tersebut. “Sekitar sejam yang lalu Mas, setelah hujan deras. Selain itu, besi penyangga kabel banyak yang karatan, karena udara di sekitar sini mengandung belerang,” terang salah satu warga, Gondo Andono, Minggu (18/4/2021) petang.

Warga yang khawatir terhadap keselamatan pengguna jalan, kemudian meletakkan ‘andang’ di tengah jalan. Ditambah dengan tangga sebagai penyangga kabel. Agar tidak terlalu ke permukaan tanah dan dapat dilihat oleh pengendara.

Terkait permasalahan itu, Supervisor Pelayanan Pelanggan PLN Probolinggo, Benny Setyawan mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporannya, melalui saluran pengaduan. “Tim teknis sudah bergerak meluncur ke lokasi, untuk segera memperbaiki jaringan tersebut,” katanya, melalui pesan singkat.

Mengenai kemungkinan adanya pemadaman aliran listrik selama perbaikan, dirinya masih terus koordinasi dengan tim teknis. Namun diupayakan agar tidak sampai ada proses pemadaman listrik. Sebab yang melintang itu adalah kabel JTR, atau jaringan tegangan rendah.

Pihaknya mengimbau pada masyarakat, agar tidak gegabah untuk segera mengevakuasi atau membenahi jika ada kabel PLN yang melintang di jalan. Dikhawatirkan kabel yang jatuh dari tiang PLN itu masih memiliki aliran listrik dan berbahaya bagi keselamatan warga sendiri.

“Alangkah baiknya jika segera melapor. Bisa melalui pihak RT/RW, perangkat desa, atau kepala desa. Bisa juga langsung melalui hotline kami, di (kode wilayah) 123,” tutup Benny. (lai/saw/ono)