Dahsyatnya Kekuatan Iman

366

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebagai seorang Muslim, tentu memiliki kekuatan yang luar biasa dalam menjalankan ibadah. Kekuatan yang muncul dari diri seorang muslim tidak akan ada artinya tanpa iman.

Dikatakan Kiai Nurkholis Al-Maulani, Pengasuh Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Rejoso, iman mampu menggerakkan aktivitas seorang muslim dalam hal kebaikan. Diantaranya kebaikan dalam hal amal saleh yang berupa salat, sedekah, zakat hingga haji.

“Kekuatan seorang muslim dalam menjalankan ibadah seperti salat, zakat, sedekah bahkan haji akan terlaksana ketika iman sudah mendarah daging di dalam diri. Sehingga ibadah seberat apapun akan terlaksana,” tutur Kiai Nurkholis.

Ketika semua ibadah sudah bisa dilakukan, maka artinya seorang muslim telah menerima ketentuan dari Allah swt. Serta, menyadari kebesaran Allah Swt sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Kekuatan dan kebesaran Allah Swt ini telah tertulis dalam Firman-Nya yakni pada surah Yasin ayat 38. Artinya: “Dan matahari beredar pada garis edarnya (secara amat teratur sejak penciptaannya hingga kini). Itulah pengaturan (Allah SWT) Yang Mahaperkasa, lagi Maha Mengetahui.”

“Ayat tersebut menjadi bukti kebesaran dan kekuatan Allah swt yang tiada tandingnya. Ia mampu menggerakkan bumi agar tetap berputar pada porosnya, serta mampu mengedarkan bintang-bintang mengelilingi matahari,” ujar Kiai Nurkholis.

Sebagai perumpaan, Kiai Nurkholis mencontohkan adanya pembangkit listrik yang mampu memberikan kehidupan bagi masyarakat. Besaran kekuatan energi yang dihasilkan dari pembangkit listrik itulah yang akan menjadi penentu kehidupan masyarakat.

“Oleh karena itu Bolowarmo, mari tingkatkan keimanan pada Allah Swt agar memiliki kekuatan penuh dalam hal beribadah, dimana nantinya pahala ibadah akan berguna untuk diri sendiri, kemaslahatan umat dan kedamaian bersama,” tutup Kiai Nurkholis. (trj/may)