Santri Balikan Pondok, Pemkab Fasilitasi Swab Antigen Gratis

1039

Bangil (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan akan memfasilitasi swab antigen gratis bagi seluruh santri yang akan kembali ke Ponpes (pondok pesantren).

Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron mengatakan, kembalian santri (istilah santri yang kembali ke ponpes) dimulai pada Rabu (19/05/2021) hari ini.

Biasanya, setiap pondok pesantren memberikan batasan waktu antara 5-7 hari sampai santri benar-benar sudah berada di pondok pesantren.

Sebelum sampai di ponpes, para santri diminta untuki melakukan cek kesehatan swab antigen di puskesmas terdekat. Apabila dinyatakan negative, maka santri bisa langsung kembali ke Ponpes.

Akan tetapi, apabila dinyatakan positif, maka setiap santri diminta untuk menjalani isolasi mandiri atau karantina di SKB Pandaan, BLK Rejoso maupun tempat isolasi yang disediakan oleh masing-masing ponpes.

Baca Juga :   Gerebek Tempat Nongkrong, Satgas Temukan Dua Pengunjung Positif Swab Antigen

“Kita berdoa semoga semuanya negative, karena para santri kembali ke ponpes untuk menimba ilmu. Santri silahkan bisa langsung ke puskesmas terdekat untuk swab antigen gratis,” kata Gus Mujib.

Ditegaskan Gus Mujib, fasilitasi swab antigen gratis yang diberikan oleh Pemkab Pasuruan berlaku untuk seluruh santri di Kabupaten Pasuruan. Bahkan, saat ditanya apakah ada kuota untuk santri yang akan diswab, Gus Mujib menegaskan tidak ada kuota alias berapapun akan difasilitasi.

“Walaupun 10 ribu santri, tetap akan kita fasilitasi untuk meyakinkan bahwa semua santri benar-benar dalam keadaan bebas Covid-19,” tegasnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati yang juga sebagai Pengasuh Ponpes Al Yasini Areng-Areng Wonorejo menyampaikan bahwa apabila masih kurang, maka Pemkab Pasuruan akan menambah jumlah alat swab antigen bagi santri yang belum diswab.

Baca Juga :   Gerebek Tempat Nongkrong, Satgas Temukan Dua Pengunjung Positif Swab Antigen

“Kalau kurang, kita tambah. Karena tadi saya sampaikan kepada Gubernur bahwa Kabupaten Pasuruan jadi percontohan. Pemkab Pasuruan akan memfasilitasi swab antigen gratis. Berapa pun kita siapkan,” jelasnya.

Sementara itu, bagaimana persiapan ponpes menjelang kembalian santri. Gus Halim selaku Pengasuh Ponpes Podokaton, Kecamatan Gondangwetan mengaku memiliki 600 santri yang akan kembali ke ponpes. Dengan fasilitasi swab gratis oleh Pemkab Pasuruan, ia mengucap terima kasih.

“Terima kasih karena sudah difasilitasi swab antigen gratis oleh Pemkab Pasuruan,” ungkapnya. (mil/yog)