Ini Mainan Jadul yang Masih Ada Sampai Sekarang

1109

Pasuruan (wartabromo.com) – Bermain permainan jaman dahulu memang sangat menyenangkan. Hanya saja, di era modern seperti sekarang tak banyak mainan jadul yang bisa didapatkan.

Hal ini disebabkan karena canggihnya teknologi telah mengubah segalanya. Jika dahulu anak-anak asyik bermain di alam bebas, kini malah lebih senang berada di dalam kamar dan memainkan gawainya.

Gawai pun sudah semakin canggih dari tahun ke tahun. berbagai aplikasi game online maupun offline makin mudah diakses. Tak heran jika sedikit demi sedikit mainan jadul mulai terkikis dan sulit didapatkan.

Namun, bagi BoloWarmo yang ingin sekedar bernostalgia ke masa lalu dengan memainkan mainan jadul, jangan sedih lagi. Sebab, dinukil dari Merdeka,com, inilah mainan jadul yang masih ada sampai sekarang:

1. Bola Bekel

Mainan jadul bernama “bola bekel” ini identik dimainkan anak perempuan. Bola bekel bisa dimainkan mulai dua sampai beberapa orang, semakin banyak yang ikut bermain maka akan semakin seru pula.

Cara bermainnya juga terbilang gampang-gampang susah. Yaitu, pemain harus melemparkan bola terlebih dahulu hingga memantul satu kali, kemudian menangkapnya bersamaan dengan mengambil satu persatu biji bekel.

Pemain akan dianggap kalah jika bola memantul lebih dari satu kali atau tidak bisa ditangkap. Tak hanya seru, bola bekel juga menjadi mainan yang bisa digunakan untuk menguji ketangkasan.

2. Kelereng

Sekalipun jarang terlihat, ternyata sampai sekarang kelereng masih banyak dimainkan anak-anak. Bahkan, untuk mendapatkan berbutir-butir kelereng terbilang mudah.

Toko kelontong hingga aplikasi belanja online masih banyak menjual kelereng berbagai macam jenis dan ukuran. Bagaimana cara memainkan kelereng?

caranya, dengan menembakkan satu kelereng yang menjadi andalan ke arah kelereng lainnya yang telah disusun di tanah. Pemain yang bisa menembakkan banyak kelereng dengan tepat sasaran, maka dialah pemenangnya.

3. Layang-Layang

Percaya atau tidak, layang-layang juga merupakan mainan jadul yang sampai saat ini masih sering dimainkan. Bahkan, seiring berjalannya waktu, banyak orang mulai memodifikasi layang-kayang menjadi bentuk yang unik.

Mulai dari layangan berukuran jumbo dengan beragam karekter. Hingga layang-layang yang diberi lampu agar bisa kelap-kelip saat diterbangkan di malam hari.

4. Congklak

Sempat hilang digeser permainan modern, ternyata kini congklak mulai dijual di toko-toko mainan. Sejak jaman dahulu, congkak tak hanya dimainkan oleh anak-anak, melainkan juga orang dewasa.

Berbeda dengan jenis permainan yang lain, congklak hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja, yaitu dengan menata butiran biji di setiap lubang yang disediakan.

Selain keempat mainan di atas, apakah Bolowarmo punya daftar mainan jadul lain yang sampai saat ini masih ada? (trj/may)