Ini Tips Menghilangkan Panu dengan Cara Alami Tanpa Rasa Sakit

715

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Memiliki bercak keputihan yang rasanya panas dan gatal dipermukaan kulit pasti sangat mengganggu. Kejadian semacam ini biasa disebut dengan “panu”.

Panu merupakan kondisi ketika kulit berubah warna menjadi putih hingga kecokelatan dan bersisik. Untuk bisa menghilangkannya pun sebenarnya tidak perlu datang ke dokter.

Pasalnya, dinukil dari liputan6.com, ada cara alami menghilangkan panu tanpa rasa sakit yang bisa dilakukan di rumah.

Apa saja? Simak, yuk!

1. Menggunakan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Belimbing wuluh mengandung glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat. Juga mempunyai sifat anti jamur yang mampu untuk menghilangkan panu.

Cara menggunakannya yaitu, satu buah belimbing wuluh cuci dan potonng jadi 4 bagian. Kemudian, Usap-usapkan belimbing wuluh pada bagian kulit yang terdapat panu selama 5 menit. Tunggu sampai kering, dan terapkan secara rutin.

2. Menggunakan Bawang Putih

Kandungan allicin merupakan komponen biologis aktif yang berguna sebagai zat anti bakteri. Zat ini juga terbilang besar kandungannya dalam bawang putih. Bawang putih juga kaya antioksidan. Kandungan yang ada dalam bawang putih membuatnya terkenal sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti jamur.

Cara menggunakannya juga tidak kalah mudah. Yakni, 1 siung bawang putih dipotong menjadi dua bagian. Lalu gosokkan bawang putih pada panu selama 5 menit. Lakukan selama 2x sehari sampai panu benar-benar menghilang.

3. Menggunakan Lengkuas

Dalam Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Korea, senyawa yang terkandung dalam lengkuas dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida. Kandungan zat ini mampu menghentikan pertumbuhan jamur yang ada di kulit (panu).

Cara menerapkannya pun tidak jauh berbeda dengan kedua cara di atas. Hanya saja, jika menggunakan lengkuas harus sedikit menahan perih sebab efek prosesnya. (trj/may)