Baru Dibangun, Tanggul Penahan Tanah di Bantaran Jebol Lagi

567

Bantaran (wartabromo.com) – Tanggul penahan tanah di Sungai Karanganyar, Bantaran, Kabupaten Probolinggo, jebol lagi. Akibatnya, 10 rumah warga terancam longsor.

Tanggul penahan tanah yang jebol itu, berada di Dusun Krajan, Desa Karanganyar, Bantaran, Kabupaten Probolinggo. Letaknya berada di bantaran sungai Karanganyar. Tanggul setinggi 7 meter dan lebar sekitar 10 meter, ambrol usai tergerus hujan deras malam sebelumnya.

Akibatnya, sepuluh rumah yang berada persis di sisi tanggul yang jebol, terancam longsor. “Tapi alhamdulillah, hari ini sudah diperbaiki kembali. Perbaikan berasal dari BPBD Kabupaten Probolinggo,” ujar Camat Bantaran, Saniwar, Rabu (23/6/2021).

Sebelumnya, tanggul penahan semipermanen berupa bronjong kawat dan batu itu, dibangun untuk melindungi rumah warga dari potensi longsor. Mengingat aliran sungai Karanganyar, begitu deras.

Utamanya ketika bagian hulu, yang ada di Kecamatan Sumber, hujan deras. Namun tak berumur lama, kembali longsor. Hingga harus segera diperbaiki kembali.

Perbaikan kali ini, dilakukan oleh BPBD Kabupaten Probolinggo. Mengerahkan lima pekerja. Karena dikerjakan oleh BPBD, pihak kecamatan tidak bisa memastikan. Kapan proses perbaikan itu rampung. Termasuk berapa biaya perbaikan yang ditelan dalam proyek tersebut. (lai/saw)