4 Manfaat Senam Kegel Untuk Pria yang Jarang Diketahui

6651

Pasuruan (wartabromo.com) – Senam kegel cukup populer di kalangan wanita karena manfaatnya untuk mengencangkan Miss V. Padahal, tanpa banyak diketahui, senam kegel juga bermanfaat bila dilakukan pria.  

Senam kegel adalah gerakan-gerakan mudah dan sederhana yang bermanfaat untuk memperkuat otot panggul. Selain untuk mengencangkan miss V, senam kegel diakukan wanita dengan tujuan untuk memperlancar proses persalinan. 

Dilansir dari halodoc.com, adapun 4 manfaat senam kegel untuk pria, sebagai berikut: 

1. Membantu Mengatasi Inkontinensia Urin 

Inkontinensia urin adalah ketidakmampuan seseorang untuk menahan urine untuk keluar. Pria yang mengalami inkontinensia urin bisa “mengompol” saat sedang batuk. 

Tentu saja kondisi ini bisa membuat siapa saja yang mengalaminya malu dan juga terganggu. Namun, inkontinensia urin bisa diatasi dengan melakukan senam kegel secara rutin. 

Baca Juga :   Rokok atau Vape, Mana Lebih Baik?

2. Mengatasi Inkontinensia Alvi  

Selain inkontinensia urin, ada juga kondisi dimana seseorang tidak bisa menahan buang air besar atau yang disebut juga dengan inkontinensia alvi. 

Kondisi ini juga bisa diatasi dengan senam kegel. Latihan otot dasar panggul akan memperkuat tegangan dan kekuatan sfingter ani. Yaitu kumpulan serabut otot yang berbentuk seperti cincin yang berfungsi menutup atau membuka jalur pada anus. 

3. Membantu Pemulihan Pasca Operasi Prostat 

Sebuah penelitian menunjukkan, pria yang baru menjalani operasi prostat bisa cepat pulih dengan melakukan senam kegel. Senam kegel yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu memperlancar peredaran darah pada area panggul, sehingga kesehatan prostat dapat tetap terjaga. 

Baca Juga :   3.000 Vaksin Covid-19 Tiba di Lumajang

4. Mengatasi Ejakulasi Dini 

 Masalah seksual lainnya pada pria yang bisa diatasi dengan senam kegel adalah ejakulasi dini. Hal ini sudah dibuktikan dalam International Journal of Andrology. 

Senam kegel dapat membantu kontraksi otot dasar panggul saat akan mencapai klimaks, sehingga menunda ejakulasi. (trj/may)