Misteri Indonesia yang Bikin Dunia Penasaran

15131

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Nusantara menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Ada jejak berbagai peradaban misterius yang masih kusut dan menyisakan rasa penasaran di benak masyarakat.

Mulai flora-fauna aneh, kerabat nenek moyang manusia bertubuh mini, reruntuhan bangunan purba kolosal, dan benang merah sejarah Indonesia modern. Ternyata, berbagai misteri tersebut tak hanya memunculkan rasa penasaran bagi penduduk Indonesia, tapi juga warga dunia.

Dilansir dari tribunnews.com, inilah misteri-misteri di Indonesia yang tak terpecahkan. Penasaran? Yuk, simak!

1. Darah Indonesia di Madagaskar

Sejak lama Madagaskar menjadi daya tarik bagi para antropolog. Alasannya, pulau keempat terbesar dunia itu sebelumnya hanya dihuni hewan lemur. Selama ribuan tahun, tak ada manusia yang menjamahnya.

Penelitian genetika yang dipimpin Murray Cox dari Massey University Selandia Baru mengungkap hal mengejutkan. Ia mengungkap, nenek moyang penduduk Madagaskar adalah 30 perempuan. Lalu 28  di antaranya yang berasal dari Indonesia.

Baca Juga :   Seram! Ada 3 Hantu di Dunia yang Sering Mengincar Bayi

Petunjuk didapatkan dari uji DNA 266 orang dari tiga etnis Malagasy (orang asli Madagaskar) dan analisis mitokondria atau baterai sel yang gennya diwariskan dari ibu. Para perempuan Nusantara itu datang ke pulau di pesisir Benua Afrika itu pada 1.200 tahun.

Ada banyak bukti lain yang membuktikan, adanya darah Indonesia di Madagaskar. Namun, kendati demikian, pertanyaan tentang “Bagaimana para perempuan ini sampai di Madagaskar?”, sampai saat ini masih jadi misteri besar.

2. Kapal Hantu “Ourang Medan”

Kisah horor terkenal di Indonesia adalah kapal hantu Ourang Medan.
Cerita ini muncul pada tahun 1947 ketika dua kapal Amerika bernama City of Baltimore dan Silver Star berlayar di Selat Malaka.

Mereka kemudian mendeteksi sinyal darurat dari kapal dagang Belanda yang mengaku sebagai “Ourang Medan”. Seorang operator di kapal Ourang Medan mengirimkan kode Morse.

Baca Juga :   Tak Cuma Bisa Menghidupkan Orang Mati, Ternyata Ini Mitos Lain Kucing Hitam

Isinya: “Semua awak kapal, termasuk kapten terbaring sekarat di ruang peta (chartroom) dan anjungan. Mungkin semuanya telah meninggal dunia.”. Kemudian disusul dengan kalimat terakhir “Aku (akan) mati.”

Pesan mengerikan tersebut didengar pos pemantauan milik Belanda dan Inggris. Kemudian, para operator radio penerima berusaha melacak sumber sinyal dan menentukan bahwa pesan tersebut datang dari SS Ourang Medan, yang ada di Selat Malaka.

Kapal Silver Star adalah yang terdekat saat kejadian itu. Nakhodanya lalu memutar haluan mendekati lokasi Ourang Medan. Mereka menemukan kapal itu terapung-apung di lautan. Yang mengerikan, jasad-jasad para kru “Ourang Medan” bertebaran di dek dengan kondisi mata terbelalak.

Mulanya, kapten kapal Silver Star memerintahkan agar kapal Ourang Medan ditarik menggunakan tali pengeret. Tujuannya tidak lain agar kapal tersebut bisa ditarik ke pelabuhan terdekat dan diselidiki penyebab kematian para awak kapalnya.

Baca Juga :   Ningsih Tinampi Bongkar Metode Pengobatannya

Sayangnya, sebelum niatan tersebut dilaksanakan, tak lama kemudian kapal “Ourang Medan” meledak. Semua bukti-bukti karam ke dasar laut.

Kisah kapal hantu “Ourang Medan” dengan cepat menyebar dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lain. Juga, laporan resmi terkait kapal itu bahkan muncul dalam Proceedings of the Merchant Marine Council US Coast Guard edisi Mei 1952.

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak pula masyarakat Indonesia yang bertanya-tanya “apakah Ourang Medan kisah nyata atau bohong belaka?”.

3. Benua Atlantis yang Hilang

Sebuah pendapat menyatakan, Indonesia adalah bagian dari benua Atlantis yang hilang. Meski tidak sepenuhnya terbukti, tetapi nama terkenal dan glamourous dari Atlantis cukup menarik perhatian dunia.