Besok, 226 Pj Kades di Probolinggo Dilantik

840

 

Probolinggo (WartaBromo.com) – Berakhirnya masa jabatan kepala desa (kades) direspon cepat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko. Jumat esok, 10 September 2021, ada 226 penjabat (Pj) kades bakal dilantik.

Data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengungkap ada 251 desa yang masa jabatan kades-nya berakhir pada Kamis, 9 September.

Sementara Kades Sidodadi, Kecamatan Paiton baru habis masa baktinya pada Oktober. Mereka akan diberhentikan secara hormat oleh Plt. Bupati Probolinggo.
Sesuai Perbup Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pedoman, Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, maka pemerintah daerah wajib mengisinya dengan Pj kades. Untuk itu, Pemkab Probolinggo menyiapkan ASN sebagai Pj kades.

“Pj Kades itu ditunjuk dari ASN di lingkup Kabupaten Probolinggo. Agar tidak terjadi kekosongan jabatan di desa tersebut. Sehingga layanan publik tetap berjalan,” kata Timbul Prihanjoko.

Dari 251 desa itu, sebanyak 25 desa sudah dipimpin Pj kades. Mereka menggantikan kades definitif yang meninggal sebelum masa jabatan berakhir atau terjerat kasus hukum. Sehingga Pemkab Probolinggo sebatas penyiapkan 226 ASN sebagai Pj kades.

“Calon Pj kades itu ditunjuk dari ASN lingkup Kabupaten Probolinggo. Tidak harus ASN staf kecamatan. (Pj) Bisa di lingkup pemerintah kabupaten. Kemudian, Pj Kades itu dilantik oleh camat setempat,” lanjut Timbul.

Politisi PDIP itu mengatakan Pj kades tersebut merupakan lanjutan dari daftar sebelum adanya OTT terhadap Bupati Probolinggo non-aktif, Puput Tantriana Sari. Alasannya waktu yang diperlukan sangat mepet. Meski begitu, Pemkab Probolinggo tetap melakukan beberapa perbaikan.

“Waktu sudah mepet. Apakah ASN Pj kades itu berbeda dengan sebelumnya? Saya sudah minta pada camat-camat untuk memperbarui nama-nama calon Pj kades,” tandas pejabat asal Kecamatan Maron itu.

Selain menyiapkan Pj kades, Pemkab Probolinggo bakal menyiapkan pejabat camat di 3 kecamatan. Dua di antaranya, yakni Camat Paiton, Muhammad Ridwan dan Camat Krejengan, Doddy Kurniawan menjadi tersangka kasus jual beli jabatan Pj kades. Lainnya, yakni Camat Kuripan, Abdul Rochim meninggal dunia. (saw/ono)