Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar

676
Tangkapan kamera pemantau saat Semeru muntahkan lava pijar.

Lumajang (WartaBromo.com) – Gunung Api Semeru, Kabupaten Lumajang kembali mengeluarkan guguran lava pijar. Aktivitas tersebut sempat terekam CCTV Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Senin (13/9) dini hari.

Mukdas Sofian, Petugas Pos PGA Semeru Badan Geologi, PVMBG menerangkan bahwa saat ini Gunung Semeru berada pada Level II (Waspada). Status ini tak ada perubahan sejak beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Ia mengimbau masyarakat tetap mewaspadai potensi luncuran awan panas di Besuk Kobakan, serta tidak melalukan aktivitas di area terdampak material awan panas.

“Agar masyarakat menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga meminta wisatawan maupun masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah/puncak Gunung Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara – selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

Sementara radius dan jarak rekomendasi tersebut akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

Di sisi lain, Suharyono salah satu Relawan Laskar Semeru mengatakan aktivitas Gunung Api Semeru seperti itu sudah sering dirasakan masyarakat sekitar lereng Semeru, utamanya Desa Oro-oro Ombo dan Supiturang. Guguran lava pijar biasanya terlihat pada malam hari.

“Itu tadi malam, itu sekitar 1,5 km. Sangat aman (kondisinya, red),” tuturnya saat dikonfirmasi. (rul/may)