Jangan Simpan Minuman Ini di Freezer, Jika Tak Ingin Kulkas Meledak

5313

Pasuruan (wartabromo.com) – Hampir setiap rumah memilki kulkas untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. Pasalnya, Menyimpan makanan dan minuman di kulkas bisa memperpanjang waktu umur makanan tersebut.

Tapi, tahukah, bolo jika ada minuman yang tak boleh disimpan di dalam freezer lemari pendingin. Kenapa? karena bisa menyebabkan kulkas meledak. 

Ledakan yang terjadi bukan disebabkan hubungan arus pendek. Melainkan bahan yang bolo simpan di dalam kulkas.

Dinukil dari beberapa sumber, ini minuman yang sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer lemari pendingin: 

1. Minuman Bersoda 

Seperti yang kita tahu, minuman bersoda seperti merek Sprite, Pepsi, hingga Coca-cola mengandung karbonasi. Minuman ini mengandung karbondioksida di dalamnya.

Nah, apabila diletakkan di freezer lemari pendingin hingga beku, air sodanya jelas mengkristal. Sehingga hanya ada ruang kecil untuk menyimpan partikel karbon dioksida.

Padahal di suhu dingin, karbon dioksida itu akan mengembang. Namun karena tidak punya cukup ruang untuk mengembang, zat ini memberikan tekanan tinggi. Sehingga kemudian bisa meledak apabila air soda telah membeku.

2. Dry Ice 

Dry ice jadi bahan yang dibutuhkan di beberapa pertunjukan. Seperti memberikan efek kabut hingga atraksi di rumah hantu.

Namun tahukah kamu, sama halnya dengan minumam berkarbonasi, dry ice ini merupakan bentuk padat dari karbon dioksida? 

Nah, karena suhu dry ice ini sangat dingin, kamu tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Seperti meletakkan di wadah tertutup layaknya freezer.

Sebab karbon dioksida ini akan terperangkap sehingga memberikan tekanan tinggi. Wadah penampunya bisa saja meledak, atau bahkan terpental dan melukai pemegangnya.

3. Minuman Berakokhol 

Sebenarnya menyimpan minuman alkohol di freezer tidak berbahaya. Asalkan, botol telah dibuka sebelumnya.

Sebab, botol alkohol yang belum dibuka sebelumnya bisa membeku apabila diletakkan di dalam kulkas. Sehingga tercipta kombinasi tekanan dan cairan ekspansi di botol tersebut. Akibatnya kulkas bisa meledak.

Nah, selain tidak menempatkan 3 minuman tersebut di dalam freezer, jangan pernah meletakkan alat elektronik di atas kulkas. Sebab, temperatur yang berbeda dan gelombang elektromagnetik akan merusak perangkat elektronik. (trj/may/ono)

Baca juga: Tips Simpan Potongan Alpukat di Kulkas Agar Tak Kecokelatan