Cara Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik Untuk Menyelamatkan Bumi

427

Pasuruan (wartabromo.com) – Dalam kehidupan, penggunaan plastik seolah tak pernah bisa terlepaskan. Tak heran jika sampah plastik menimbun dan mengancam keselamatan bumi.

Berbagai bencana yang berasal dari sampah plastik banyak terjadi. Salah satunya, biota laut yang mati karena tersangkut atau menelan sampah plastik.

Lantas, bagaimana cara mengurangi sampah plastik untuk menyelamatkan bumi? Dilansir dari kompas.com, ini cara yang bisa dilakukan:

1. Gunakan Botol Isi Ulang

Untuk mengurangi sampah plastik, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan botol yang bisa digunakan ulang. Misalnya, saat membeli minuman, gunakan botol isi ulang agar tidak perlu menggunakan wadah atau cup plastik.

2. Selalu Bawa Tas Belanja

Tahukah Bolo, tas belanja ternyata sangat membantu mengurangi penimbunan sampah plastik di muka bumi. Disarankan membawa tas belanja yang terbuat dari kain dan bisa digunakan berulang kali.

3. Jangan Menggunakan Peralatan Makan Berbahan Dasar Plastik

Banyak pedagang makanan yang menggunakan tempat makan plastik untuk wadah makanannya. Nah, untuk mengurangi timbunan sampah plastik sebaiknya bawa tempat makan dari rumah.

4. Berhenti Mengunyah Permen Karet

Tahukah Bolo, sebagian besar permen karet yang dijual di pasaran mengandung plastik? Permen karet pertama kali dibuat dari getah pohon yang disebut chicle. Ini merupakan karet alam.

Kemudian, para ilmuwan menciptakan karet sintetis, polietilen dan polivinil asetat untuk menggantikan karet alam di sebagian besar permen karet.

Untuk itu, jangan lagi mengunyah permen karet agar timbunan sampah plastik berkurang dan bisa menyelamatkan ekosistem di muka bumi. (trj/may)