Candi di Prigen Ini Jadi Tempat Penyimpanan Abu Raja Terakhir Singasari

1841

 

Pasuruan (WartaBromo) – Kabupaten Pasuruan memiliki banyak lokasi atau tempat bersejarah. Salah satunya adalah Candi Jawi di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Memiliki tinggi 24,50 meter, panjang 14,20 meter dan lebar 9,50 meter, struktur bangunan ini terbuat dari batu andesit.

Dikutip dari laman Pasuruan kab.go.id, bangunan ini dibuat sekitar abad ke-13 Masehi. Candi tersebut dibangun sebagai tempat penyimpanan abu raja Kertanegara, yang merupakan raja terakhir Singasari.

Menempati lahan seluas 40×60 meter persegi, bangunan tersebut terlihat tinggi menjulang di sisi kanan jalan raya menuju kawasan Puncak Tretes.

Pagar setinggi 2 meter terlihat mengelilingi area candi. Selain itu juga tampak kolam atau parit di di sekeliling area candi.

Baca Juga :   Menanti Implementasi Perda Cagar Budaya Kota Pasuruan

Konon, Raja Kertanegara sengaja sengaja dibangun jauh dari pusat kerajaan untuk menghargai para pengikut Budha Siwa yang banyak tersebar di wilayah setempat.

Masih dikutip dari sumber yang sama, candi yang kini dipakai sebagai nama dusun setempat itu terbilang unik. Sebab, pada dindingnya terdapat relief.

Candi ini mengalami dua kali masa pemugaran. Yakni pada masa Hindia-Belanda tahun 1938-1941. Lalu, pemugaran kedua dilakukan pada 1975 hingga 1980. (asd)