Damkar Milik PT Indonesia Power Grati POMU Dikerahkan Bantu Kebakaran Pasar Nguling

1443

Pasuruan (Wartabromo.com) – Kebakaran yang terjadi di pasar Nguling pada Kamis sore (7/10) menyentak perhatian banyak pihak. Selain pemadam kebakaran (Damkar) dari pemerintah, dari unsur swasta juga terlihat. Salah satunya dari Damkar milik PT Indonesia Power Grati POMU.

Manajemen perusahaan dan tim damkar PT IP Grati POMU sangat respek terhadap permintaan bantuan pemadaman kebakaran yang terjadi di wilayah sekitar. Sejak menerima informasi terjadi kebakaran pasar sekitar pukul 16.30, Tim Damkar IP Grati POMU langsung bersiap-siap.

Tim damkar yang beranggotakan 11 orang mempersiapkan mobil Damkar beserta peralatan lengkap dengan Safety.

Sekitar pukul 16.40, tim Damkar Grati POMU meluncur ke lokasi terjadinya kebakaran di Pasar Nguling. Lalu, sekitar pukul 17.00, tim Damkar sampai ke lokasi. Nyala si Jago Merah saat itu sedang besar-besarnya. Lebih membesar lagi karena disertai angin yang sangat kencang. Para warga dan pedagang juga terlihat ramai. Berusaha mengevakuasi barang-barang dagangannnya, dibantu oleh BPBD Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga :   Kerugian Kebakaran Pasar Nguling Capai Miliaran Rupiah

Tim Damkar Grati POMU kemudian berkoordinasi dengan pihak Polsek Nguling dan Regu Damkar lain untuk segera membantu pemadaman. Tim Damkar Grati POMU mengamankan area pasar sisi timur agar api tidak menjalar ke tempat lain atau semakin membesar.

DEMI MASYARAKAT: Personil Damkar PT Indonesia Power Grati POMU melakukan pemadaman pada obyek vital milik masyarakat

Setelah api berhasil dijinakkan, tim Damkar mencoba masuk ke dalam Pasar. Mereka melakukan pemadaman ke dalam bersama-sama dengan regu pemadaman lainnya.

Proses pemadaman memakan waktu berjam-jam. Baru sekitar pukul 21.30, nyala api berhasil dipadamkan. Tinggal menunggu pembasahan sisa-sisa api kecil di dalam. “Alhamdulillah, proses pemadaman kebakaran di Pasar Nguling bisa dilaksanakan dengan baik dan aman. Kami senang bisa membantu masyarakat bersama Damkar lain milik pemerintah Kota dan Kabupaten Pasuruan,” ujar Miftachun Nisa, Supervisor Senior K3 dan Lingkungan PT IP Grati POMU, kemarin.

Baca Juga :   PT Indonesia Power Grati POMU Bantu APD ke RSUD Grati

Nisa juga menambahkan damkar milik perusahaannya biasanya digunakan untuk antisipasi di internal. Namun jika dimintai bantuan masyarakat sekitar dalam hal obyek vital (seperti pasar nguling kemarin), maka pihak IP Grati POMU siap membantu.

Damkar IP Grati POMU sudah ready sejak 1996/1997. Mesin mobilnya diproduksi sekitar 1995. Jumlah damkar saat ini hanya satu unit. Damkar ini disiapkan untuk antisipasi perusahaan. Sekaligus membantu mengcover area vital di sekitar Grati yang tidak terjangkau pilar hidran.

Ke-11 personil yang diterjunkan meliputi : Driver, komandan regu, Nozzle man 2 orang, Hose man/helper sebanyak 2 orang dan dibantu petugas lapangan lainnya. “Poinnya adalah dengan damkar yang kita miliki menunjukkan kesiapan IP Grati POMU untuk menjaga aset obvitnas dan ikut peduli dengan permasalahan masyarakat sekitar,” tegasnya.

Baca Juga :   Kios Terbakar, Ratusan Pedagang Pasar Nguling Segera Direlokasi
TERBAKAR: Kondisi pasar Nguling saat terbakar hebat, Kamis sore kemarin.

Sementara itu, Widodo selaku Leader Damkar merasa lega bisa ikut membantu memadamkan kebakaran di pasar Nguling.  Sejauh ini dilaporkan tidak ada korban Jiwa. Hanya kerugian infrastrukstur pasar yang rusak. Juga kerugian materiil dari bidak atau dagangan milik pedagang yang ikut terbakar.

“Setelah mendapatkan informasi kebakaran di pasar Nguling, kami tim Pemadam Kebakaran PT Indonesia Power Grati POMU dengan beranggotakan 11 personil bergerak cepat untuk membantu memadamkan api di lokasi kejadian. Dengan penuh semangat, sigap dan mengutamakan keselamatan semua personil dan masyarakat di sekitar. Alhamdulillah api berhasil kami padamkan bersama-sama Damkar milik Pemkot dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan,” tegas Widodo. (day/*)