Tawarkan Pinjaman Tanpa Agunan, Pria Ini Tilep Duit Sejumlah Warga di Wonorejo

1284

Wonorejo (WartaBromo.com) – Muhammad Yusuf (37) menilep uang sejumlah warga di Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan. Modusnya, ia menawarkan pinjaman tanpa agunan kepada warga.

Kapolsek Wonorejo, AKP Sumaryanto mengatakan, Muhammad Yusuf beraksi di tiga desa yang ada di Kecamatan Wonorejo, di antaranya Desa Kluwud, Desa Sambisirah, dan Desa Karangasem.

Catatan kepolisian, ada delapan korban yang duitnya ditilep oleh Muhammad Yusuf. Ia mulanya mengaku sebagai broker koperasi. Kemudian Yusuf mendatangi korban-korbannya lalu menawarkan pinjaman tanpa agunan. Ditawari begitu, korban pun tergiur dan mengiyakan penawaran Muhammad Yusuf.

Jika korban sudah mengiyakan, Muhammad Yusuf lantas meminta uang kepada korban antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta dengan dalih untuk membuka rekening.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Ukur Gedung SDN Gentong

“Setelah menerima uang dari korbannya, pelaku menjanjikan pinjaman akan cair dalam 3 hari,” kata Sumaryanto, Selasa (02/10/2021).

Korban awalnya tidak ada yang curiga. Mereka sabar menunggu hingga tiga hari. Namun usai ditunggu tiga hari dan bahkan hingga lebih dari tiga hari, uang pinjaman tak kunjung cair.

Akhirnya warga pun berinisiatif untuk menjebak Muhammad Yusuf. Oleh warga ia diundang ke rumah salah satu warga yang mengaku hendak mengajukan pinjaman.

Saat itulah warga langsung mengamankannya dan kemudian melaporkan peristiwa ini ke Polsek Wonorejo.

“Total kerugian korban Rp6 juta. Uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi pelaku,” ujar Sumaryanto. (tof)