Kolaborasikan Potensi Pasuruan Always Fresh, Bank Jatim Support Program STMJ dan Bakso Sakera

1123
QRIS: Pimpinan Bank Jatim Pasuruan, Deddy Ajie Wijaya (kanan) menyerahkan gambar QRIS STMJ Sakera kepada Bupati Irsyad Yusuf didampingi Kadis Peternakan dan KP, Diana Lukita Rahayu.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bank kebanggaan masyarakat Jawa Timur, Bank Jatim peduli, kembali hadir memberikan kontribusi percepatan pemulihan ekonomi. Kali ini, Bank Jatim Pasuruan berkolaborasi mensupport program Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Yakni, launching STMJ dan Bakso Sakera.

Sebanyak 50 orang pada Rabu kemarin (24/11) menerima bantuan. Dari jumlah itu, 25 orang menerima gerobak STMJ. Dan 25 lainnya menerima gerobak bakso yang dinamakan Sakera.

STMJ Sakera berarti; Sehat, Kuat dan Perkasa. Sementara, Bakso Sakera berarti Nikmat, Sehat, Menggugah Selera.

“Kita dorong terus masyarakat kita, agar memiliki kesempatan berusaha. Saya juga minta ada kolaborasi dan sinergi yang baik dengan pelaku usaha untuk saling mendukung,” tegas Bupati Irsyad Yusuf usai menyerahkan bantuan di Pendopo Kabupaten Pasuruan.

STMJ SAKERA: Bupati Irsyad Yusuf mencicipi STMJ Sakera didampingi Deddy Ajie, Bos Mild H Rokhmawan dan undangan lainnya.

Bupati merasa bangga, karena STMJ dan Bakso Sakera sudah dinyatakan layak konsumsi. Kemudian merk dagangnya juga sudah mendapatkan Hak Atas Kelayakan Intelektual (HAKI) dari Kemenkumham 2021.

Kegiatan ini untuk mendukung masyarakat yang menjadi korban akibat Pandemi Covid-19. Utamanya, kepada para pihak korban PHK dari pabrikan rokok. Atau mereka yang masih bekerja di perusahaan rokok, namun ingin berwirausaha.

Program ini didanai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Para penerima manfaat juga ikut menandandatangani MoU siap menjalankan usaha bakso atau STMJ Sakera. Mereka rata-rata berasal dari tiga lokasi. Yakni, Sukorejo, Purwosari dan Gempol.

Program bantuan pemberian gerobak ini digelar oleh Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan. Menurut kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, Diana Lukita Rahayu, sebelum pemberian bantuan gerobak ini, puluhan penerima manfaat tersebut sudah dilatih banyak materi. Mulai dari pelatihan berwirausaha. materi manajemen keuangan, pemasaran dan juga pembayaran. Selain itu, pihak dinas terkait juga mengundang motivator.

Pembayaran bisa dilakukan secara tunai maupun non tunai dari Bank Jatim dengan QRIS. Kemudian pemasarannya bisa dilakukan secara online dengan menggandeng Gojek.

Dalam kegiatan tersebut, Bank Jatim Pasuruan juga ikut mensupport. “Kita mendorong produk dan potensi serta produk unggulan Kabupaten Pasuruan. kita tahu banyak potensi Kabupaten yang melibatkan banyak sektor. Mulai dari Susu sapi dan telor di sektor peternakan. Madu dan jahe dari sektor pertanian,” tegas Deddy Ajie Wijaya, Pimpinan Bank Jatim Pasuruan.

BERITA ACARA: Bupati Irsyad Yusuf menerima QRIS dan berita acara penerimaan mangkok bakso sakera dari Bank Jatim Pasuruan.

Kreatifitas dalam kolaborasi produk unggulan Kabupaten Pasuruan ini menghasilkan diversifikasi produk baru khas Kabupaten Pasuruan yang mempunyai nilai tambah yang luar biasa. “Kami bersyukur dapat terlibat dalam kegiatan pemkab Pasuruan bersama Gus Bupati, H. Irsyad Yusuf SE, M.M.A. Kami turut bangga atas pencapaian prestasi beliau yang luar biasa sebagai Kepala Daerah Inovatif dalam penganugerahan 5 kali berturut-turut dari MNC portal Indonesia Award,” imbuhnya.

Dalam bantuan ini, Bank Jatim Pasuruan juga ikut menjadi narasumber pelatihan sekaligus pendampingan. Selain itu, pihaknya juga memberi bantuan berupa gelas, mangkok dan atribut gerobak.

Tidak hanya itu, jika pedagang penerima bantuan ini membutuhkan modal usaha, Bank Jatim Pasuruan juga siap. Melalui KUM (Kredit Usaha Maslahat). Kreditnya bersifat soft loan (kredit lunak). Bunga hanya 6 persen per tahun. Pinjaman bisa dilakukan sampai Rp 500 juta.

Selain itu, Bank Jatim juga sempat menyerahkan plakat QRIS kepada Bupati Irsyad Yusuf. QRIS juga langsung bertitel atas STMJ Sakera atau Bakso Sakera. Fasilitas QRIS merupakan fasilitas transaksi cashless. Tidak perlu pakai uang tunai. QRIS ini diberikan gratis kepada peneerima manfaat. Bisa diakses dengan berbagai uang digital. Mulai OVO, Dana, Gopay, Shopee Pay dan lainnya. (day/**)