Sering Ngadat, Pelanggan PDAM Kota Pasuruan Putus Jaringan

733

Pasuruan (wartabromo.com) – Puluhan pelanggan PDAM Kota Pasuruan di Perum Tiara Candi III, Kelurahan Sekargadung, Kelurahan Purworejo memutus jaringan. Hal itu terjadi karena air PDAM sering mampet.

Teguh Wicaksono, Ketua RT 05/RW 02 Kelurahan Sekargadung mengatakan, warga yang memutus jaringan ini dikarenakan aliran air kecil dan sering tak keluar sama sekali.

“Banyak yang diputus. Kalau saya pribadi karena air keluarnya sedikit kadang nggak keluar tapi bayar terus,” kata Teguh, Kamis (25/11/2021).

Warganya memang banyak yang mengeluh lantaran air PDAM sering mampet, namun mereka tetap membayar. Menurut info yang ia dapatkan, dari 90 warga di Perum Tiara Candi III, sudah ada sekitar 20 warga lebih yang memutus aliran.

“Sudah lapor, harusnya kan ada petugas kontrol jika saluran sering mampet. Namun, nyatanya nggak ada,” katanya.

Agus Widodo, warga yang tak memutus jaringan PDAM mengaku ingin bertahan dan berharap ada perbaikan pelayanan. Meski bertahan sebagai pelanggan PDAM, ia juga menggunakan sumur pompa untuk keperluan sehari-hari.

“Saya biasa pakai PDAM ya malam hari. Nandon untuk masak dan minum,” ungkap Agus.

Distribusi air PDAM tak lancar sejak lama. Air lancar pada jam-jam tertentu seperti malam hari dan tak keluar saat pagi dan sore hari. Warga pun sering melapor kemudian ada petugas datang. Air lancar setelah ditangani petugas, namun beberapa hari kemudian air kembali ngadat.

Hartati, warga Perumahan Gading Permai, Kelurahan Petahunan, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan juga mengeluh karena air PDAM sering macet. Ia hanya bisa menunggu air mengalir di jam-jam tertentu.

“Cuma nunggu aja, hidupnya loh cuma jam 17.00 WIB sore aja, sampe pagi biasanya. Dan itu pun airnya kecil,” tuturnya.

Sampai sejauh ini terkait keluhan dan sikap warga yang memutuskan tak lagi ingin berlangganan, belum ada pernyataan disampaikan oleh pihak PDAM Kota Pasuruan.

(don/ono)