Skill Utama yang Harus Dimiliki Seorang Guru Agar Sukses Mendidik

2704

Pasuruan (wartabromo.com) – Menjadi guru bukanlah pekerjaan mudah. Selain bisa mengajar, ada tiga keahlian utama yang harus dimiliki.

Keahlian ini tentunya sangat berperan penting dalam kesuksesan belajar mengajar. Apabila tidak dimiliki, maka bisa jadi peserta didik merasa jengah dan tak bisa menangkap materi yang disampaikan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut skill utama yang harus dimiliki guru selain mengajar:

1. Mampu Menguasai Kelas dengan Baik

Demi suasana pembelajaran kondusif, seorang guru tentunya harus mampu menguasai kelas dengan baik. Pasalnya, yang dihadapi bukan hanya satu orang siswa.

Serta, tak mungkin pula sekadar meminta bantuan ketua kelas untuk menertibkan suasana bilama sedang tak terkendali. Kemampuan menguasai kelas ini memang harus diasah sesering mungkin.

Baca Juga :   Sistem Zonasi Dikeluhkan, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan Jatim

2. Komunikasi

Skill berikutnya yang harus dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Sebab, tugas utama pengajar adalah mengajarkan materi baru kepada murid.

Dengan memiliki skill komunikasi yang baik, maka seorang guru bisa menyampaikan materi baik verbal maupun nonverbal dengan lancar. Untuk melatihnya, cobalah pelajari satu materi kemudian sampaikan kepada adik/teman seumuran.

3. Mampu Mencetuskan Kreativitas

Peserta didik pasti merasa bosan jika si guru menyampaikan materi pembelajaran dengan monoton. Untuk menghindari hal tersebut, maka seorang guru harus mampu mencetuskan kreativitas baru setiap harinya.

Baik kreativ dalam menjabarkan materi atau kreatif dalam mengajak murid berinteraksi. Misalnya, menggunakan metode bernyanyi untuk menghafalkan beberapa materi. (trj/may)