Natal dan Tahun Baru, Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Kota Pasuruan Naik

842
Pasuruan (wartabromo.com) – Pada perayaan Natal dan menjelang Tahun Baru 2022, kebutuhan bahan makanan di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan naik. Pantauan wartabromo.com, sejumlah harga bahan makanan mengalami kenaikan. Tren ini terlihat dalam satu minggu terakhir menjelang Natal dan Tahun Baru. Suroso, pedagang di Pasar Tradisional di Kebonagung mengatakan, harga kebutuhan pangan yang mengalami kenaikan seperti tomat, cabai rawit, dan juga kebutuhan lainnya seperti telur, daging ayam dan minyak goreng. Menurutnya, kenaikan sejumlah bahan makanan ini kerap terjadi setiap tahun menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Seperti harga tomat naik menjadi Rp10.000 per kg dari harga sebelumnya Rp7.000 per kg. Cabai rawit Rp100.000 per kg dari harga sebelumnya hanya berkisar Rp 40.000.
Baca Juga :   Diserbu Bawang Brebes, Harga Bawang Merah Probolinggo Anjlok
“Akhir tahun gini bahan pohok biasa naik, harapannya segera turun lah, nggak lama-lama,” ujarnya, Sabtu (25/12/2021). Sofyan, pedagang lainnya mengatakan, kenaikan signifikan memang terjadi pada cabai rawit sejak sebulan yang lalu. Namun, saat ini harga telur, daging ayam juga terpantau naik tajam. “Telur kemarin malah di harga Rp31.000 per kg. Sekarang Rp30.000 per kg, masih tetep mahal,” kata Sofyan. Harga telur ayam biasanya berada di Rp21.000 sekarang melonjak hingga Rp30.000 per kg. Kemudian daging ayam sebelumnya hanya Rp31.000 sekarang menjadi Rp38.000 per kg. Tak hanya itu, minyak goreng curah di pasar ini masih terpantau mahal. Minyak goreng curah biasa dihargai Rp19.000 per kg, dan minyak goreng curah bagus di harga Rp 21.000 per kg.
Baca Juga :   Ini Curhat 'Si Penjaga Bromo' Rayakan Tahun Baru
Sementara itu, untuk kebutuhan bahan pokok seperti beras, gula, bawang merah, bawang putih, daging sapi masih tetap stabil tidak mengalami kenaikan harga. “Kalau beras gula masih stabil,” tutupnya. (don/may)