Diguyur Hujan Sejak Sore, Tiga Sungai di Pasuruan Meluap

1058
Luapan Kali Penting, Kota Pasuruan hingga menyebabkan jalur Pantura di Kelurahan Blandongan terendam, Senin (10/1/2022) malam. Foto: Tangkapan layar

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hujan deras mengguyur wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan sejak Senin (10/01/2022) sore. Akibatnya, tiga sungai meluap.

Tiga sungai tersebut antara lain Sungai Welang, Sungai Petung, dan Sungai Gembong. Informasi yang dihimpun WartaBromo, sungai mulai meluap sejak sekitar pukul 21.00 WIB.

Beberapa gambar dan video yang didapat menunjukkan luapan Sungai Welang yang masuk ke pemukiman warga di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Arus air terlihat cukup deras.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi mengatakan, luapan Sungai Welang masuk ke wilayah sisi barat jembatan Kraton dan tidak sampai masuk ke pemukiman warga yang di sisi timur jembatan.

Baca Juga :   Sambaran Petir Meningkat, Lakukan 7 Hal Ini Untuk Menghindarinya

Sementara itu, Sungai Gembong juga sempat meluap dan menggenangi pemukiman warga yang terletak di sekitar Jalan Diponegoro, Kota Pasuruan.

“Yang di Jalan Diponegoro tidak sampai masuk ke rumah. Hanya di halaman,” kata Samsul.

Saat ini debit air Sungai Welang dan Sungai Gembong sudah mengalami penurunan. Yang masih tersisa, kata Samsul, adalah luapan Sungai Petung. Arus sungai sangat deras. Air bahkan sudah meluber ke jalan raya.