Efek Buruk Tinggal Bersama Orang Tua Pasca Menikah

1196

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebelum memutuskan menikah, sebaiknya diskusikan hal-hal penting dengan pasangan, salah satunya akan tinggal dimana.

Pertimbangkan antara efek baik dan buruk bagi keluarga kecil nantinya. Pasalnya, tinggal seatap dengan orang tua setelah menikah tak selamanya indah.

Lantas, apa saja efek buruk tinggal se rumah dengan orang tua pasca menikah? Berikut di antaranya dinukil dari beberapa sumber:

1. Jadi Tidak Mandiri

ketika sudah berumah tangga, artinya setiap pasangan tidak lagi bergantung kepada orang tua. Baik dalam urusan pribadi maupun urusan lain. Tinggal dengan orang tua pasca menikah akan membuat sepasang suami istri tidak mandiri karena cenderung mengandalkan orang tua.

Baca Juga :   Ayah dan Bunda, Yuk Hindari 5 Sikap Berikut Demi Masa Depan Cerah Buah Hati

Misalnya dalam hal mengurus anak, selagi serumah dengan orang tua kebanyakan anak akan dititipkan ke orang tua dikala sibuk. Atau bisa juga urusan masak memasak, membayar listrik, mengurus rumah dan lain sebagainya.

2. Ketergantungan

Menilik dari poin pertama, tenyata efek buruk lain yang ditimbulkan akibat tinggal bersama orang tua pasca menikah adalah sepasang kekasih akan merasa ketergantungan.

Padahal, sebagai kepala rumah tangga dan keluarga baru, terdapat tanggung jawab untuk menyediakan tempat untuk keluarga kecilnya.

Namun, ketika sudah memilih tinggal serumah dengan orang tua, maka tanggungan jawab ini sering kali diabaikan. Karena sudah merasa nyaman bersama orang tua dan berbagai alasan untuk tidak segera menempati rumah sendiri akhirnya muncul.

Baca Juga :   Mau Lahiran Normal Minim Rasa Sakit? Metode Salsabila Bisa Jadi Pertimbangan

3. Kurangnya Privacy Antar Pasangan

Apapun yang terjadi dalam rumah tangga, seharusnya hanya suami dan istri saja yang tahu, baik percakapan hingga urusan lain. Apabila tinggal serumah dengan orang tua, mau tidak mau segala hal terkait pasangan suami istri jadi terekspos dan privacy pasangan berkurang.

Belum lagi komentar-komentar buruk yang tak jarang dilontarkan mertua kepada salah satu pasangan.

Nah, untuk menghindari hal semacam itu sebaiknya putuskan untuk tinggal di rumah sendiri namun tidak terlalu jauh dari kediaman orang tua agar bisa menjenguknya sewaktu-waktu. (trj/may)