Rejoso Langganan Banjir, Begini Kata Gus Irsyad

1015

Pasuruan (WartaBromo.com) – Rejoso menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Pasuruan yang langganan banjir. Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf angkat bicara terkait hal ini.

Gus Irsyad -sapaan akrabnya- mengatakan, sungai meluap yang menyebabkan banjir di Rejoso dan sekitarnya butuh di normalisasi. Sayangnya, normalisasi ini merupakan kewenangan provinsi.

“Kami sudah ngajukan normalisasi, bahkan mulai Gus Ipul masih jadi Wakil Gubernur Jawa Timur,” jelasnya saat bincang santai bersama WartaBromo.

Gus Irsyad mengungkapkan, penanganan banjir menjadi prioritas kabupaten. Namun ternyata di provinsi atau pemerintah pusat, banjir yang ada di daerah, belum masuk prioritas.

Ini katanya jadi evaluasi sendiri bagi pemerintah setempat. Bagaimana cara supaya bisa terkoneksi dengan baik. Apalagi persoalan banjir langganan.

Baca Juga :   Tempat Karantina Penuh, Pemkot Pasuruan Sewa Hotel

“Susah ya. Tetap yang disalahkan kota/kabupaten. Kalau kewenangan provinsi, kita nggak bisa maksakan. Sementara pemprov, gak ada fokusnya ke situ,” lanjutnya.

Gus Irsyad bahkan dengan tegas mengatakan, apabila sungai kewenangan daerah, maka sudah sejak lama dinormalisasi. Apalagi semua alat sudah dimiliki.

“Nek aturane diubah ngunu tak keruk wis (kalau aturannya berubah, sudah tak keruk itu sungai). Tapi gak boleh,” tandasnya

Simak perbincangan selengkapnya di sini.

(may/ono)