Gerakan Sederhana yang Bisa Redakan Pegal di Jari Tangan

796

Pasuruan (wartabromo.com) – Kebanyakan orang yang bekerja di depan komputer dalam waktu lama sering kali merasakan jari-jari pegal. Bahkan, ada juga yang mengalami radang sendi atau artritis.

Meski sekilas terlihat bukan seperti penyakit serius, namuun bila dibiarkan, radang sendi pada area tangan bisa jadi permasalahan serius. Salah satunya tangan jadi sering kesemutan dan mati rasa.

Untuk mencegah dan meredakan rasa nyeri dan pegal pada area tangan akibat terlalu lama bekerja di depan komputer, dilansir dari merdeka.com, berikut gerakan sederhana yang bisa dilakukan:

1. Kepalkan Jari-Jari Tangan

Jika jari-jari tangan mulai terasa pegal, segera kepalkan jari-jari tangan dengan posisi ibu jari berada di luar kepalan. Setelah itu buka kepalan tangan dan renggangkan jari-jari secara perlahan.

Baca Juga :   Cabor Panahan Kabupaten Pasuruan Ikut Sumbang Emas

Kemudian kepalkan lagi jari-jari tangan, dan ulangi beberapa kali pada masing-masing tangan. Lakukan secara rutin setiap hari agar jari-jari tangan tak sering kesemutan.

2. Tekuk Jempol

Bagi yang sering bekerja dengan menggunakan mouse, biasanya bagian ibu jari akan terasa pegal. Nah, untuk meredakannya tekuklah ujung ibu jari ke bagian atas, lakukan sampai merasakan peregangan.

Setelah peregangan terasa, kembalikan ujung ibu jari ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sampai beberapa kali dan lakukan dengan rutin.

3. Satukan Jari-Jari Tangan

Gerakan berikutnya yang bisa meredakan pegal akibat terlalu lama bekerja di depan komputer adalah menyatukan jari-jari tangan. Caranya, satukan jari tangan kemudian tekan secara perlahan.

Baca Juga :   Petenis Meja Asal Sengonagung Raih Emas Peparnas XVI Papua

Nah, tekanan inilah yang akan memberikan rasa santai karena otot-otot yang mulanya kaku menjadi perlahan merenggang. Untuk hasil maksimal, regangkan jari selama empat sampai delapan menit, kemudian ulangi hingga empat sampai lima kali. (trj/may)