Ini Kebiasaan Buruk yang Bisa Kuras Energi

1486

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebagian besar orang menganggap rasa lelah yang dirasakan tubuh diakibatkan karena terlalu banyak beraktivitas. Padahal tak melulu demikian, sebab bisa juga dikarenakan kebiasaan buruk yang dilakukan secara tak sadar.

Umumnya, kebiasaan buruk terbentuk karena kebiasaan dan tak sadar bisa menghambat perkembangan diri. Bahkan, bisa mempengaruhi kesehatan mental dalam jangka panjang.

Lantas, apa saja kebiasaan buruk yang bisa menguras tenaga dan membuat mental maupun fisik mudah lelah? Dilansir dari beberapa sumber, ini dia penyebabnya:

1. Sering Mengeluh

Sebenarnya mengeluh itu manusiawi, bolo. Tapi kalau sering mengeluh malah akan menghambat hal yang akan dikerjakan. Kok bisa?

Tentu saja bisa. Sebab orang yang sering mengeluh tidak akan fokus pada proses. Melainkan hanya merutuki hal-hal buruk yang dihadapi.

Baca Juga :   Calon Bunda Merapat, Yuk Ketahui Cara Merangsang Kontraksi Agar Bayi Cepat Lahir!

2. Berusaha Membahagiakan Semua Orang

Ada orang yang berpikir dengan membahagiakan semua orang, maka akan membuat diri sendiri merasa lega dan ikut bahagia. Memang benar, tetapi usaha yang dilakukan tanpa terukur justru membuat mental dan fisik mudah lelah.

Sampai kapanpun setiap orang takkan pernah bisa membuat orang lain benar-benar bahagia. Karena setiap orang punya agenda masing-masing. Jangan terlalu memaksa membahagiakan orang lain, cukup lakukan yang terbaik sesuai kapasitas diri.

3. Suka Membicarakan Keburukan Orang Lain

Tak cuma mendapat dosa, kesukaan membicarakan keburukan orang lain ternyata juga bisa menguras energi positif dalam tubuh, lho. Tak heran orang yang sudah membicarakan keburukan orang lain merasa malas melakukan kegiatan. (trj/may)