Jangan Berhutang! Berikut Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Saat Tak Punya Uang

793

Pasuruan (wartabromo.com) –  Hampir semua orang merasa bingung dan tidak tahu harus melakukan apa saat tidak punya uang. Ada yang melamun, sedih dan bahkan nekat berhutang.

Padahal, utang bukan jalan keluar untuk mendapatkan uang. Malah yang ada bisa menambah beban hidup, apalagi jika memutuskan hutang di rentenir atau layanan peminjaman yang memberikan bunga besar.

Lantas, apa yang bisa dilakukan saat tak punya uang? Dilansir dari beberapa sumber, berikut hal yang bisa dilakukan:

1. Jual Barang Tak Terpakai

Semua orang pasti memiliki sejumlah barang yang sudah jarang digunakan lagi. Nah, dari pada meminjam uang, sebaiknya jual saja barang tak terpakai tersebut.

Baca Juga :   Mencontek Cara Kawula Muda Mencari Uang

Tapi, pastikan barang bekas yang dijual masih layak pakai, ya. Seperti baru yang jarang dipakai, sepatu ataupun aksesoris. Bolo bisa menjualnya dengan mudah di lapak khusus barang-barang preloved yang ada di berbagai sosial media.

2. Bercocok Tanam

Meski tak punya uang, jangan hanya melamun saja sebab uang tak bisa datang sendiri dengan diam. Lakukan kegiatan yang bermanfaat dan bisa mendatangkan penghasilan, contohnya bercocok tanam.

Menanam buah dan sayur-sayuran ternyata tak hanya sekadar hobi. Siapapun dapat melakukannya di sela waktu luang. Hasilnya juga dapat berguna di masa depan.

3. Jual Makanan

Suka memasak? Mengapa tak coba jual makanan saja saat tak punya uang agar bisa mendapatkan penghasilan?.

Baca Juga :   3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Cabut Gigi

Kalau tak ada modal, Bolo bisa membuat makanan dengan bahan yang tersedia di rumah. Hasilnya, promosikan saja secara online agar lebih cepat mendapatkan pembeli. (trj/may)