Solar Langka, Nelayan di Mayangan Kelimpungan

582

Mayangan (WartaBromo.com) – Para nelayan di Mayangan, Kota Probolinggo, dibuat kelimpungan imbas kelangkaan solar dalam sepekan terakhir.  SPBU khusus nelayan yang ada di area Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan pun, kosong.

Ahmad Mustofa, pengelola SPBU khusus nelayan membenarkan kekosongan solar belakangan ini. “Sejak enam hari ini kosong. Padahal biasanya seminggu bisa dua kali pengiriman. Entah kenapa sampai sekarang masih belum ada pengiriman,” katanya, Senin (4/4/2022).

Di SPBU itu, tercatat sedikitnya 30 nelayan kecil yang menjadi pelanggan. Mereka sudah mendapatkan surat rekomendasi dari Dinas Perikanan setempat.

Guna memenuhi kebutuhan kapal, beberapa nelayan nekat membeli di luar pelabuhan. Sebetulnya, tindakan itu dilarang. Nelayan harusnya mendapat jatah dari SPBU di dalam pelabuhan. Namun, karena stok kosong, cara itu terpaksa dilakukan.

Baca Juga :   Diduga Terpeleset, Kakek di Probolinggo Ditemukan Meninggal di Sungai

Sebagian nelayan lain memilih untuk menunggu pasokan solar datang dan terpaksa tak melaut. “Kami sudah antre dengan menjajar jeriken di pom situ (SPBU Pelabuhan). Tunggu saja sampai datang. Sekalian kami beristirahat di awal puasa,” ujar salah satu nelayan kecil, Soleh.

Lain halnya dengan Andre. Agar tetap bisa melaut, ia terpaksa mencari sampai ke luar pelabuhan. “Dimana saja, yang penting masih ada solar. Daripada tidak ada pemasukan sama sekali,” katanya, singkat. (lai/saw/asd)