Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadan

543

Pasuruan (wartabromo.com) – Di bulan Ramadan umat muslim berlomba melakukan berbagai amalan, salah satunya dengan tadarus Qur’an. Tak cuma mendapat pahala, tadarus Al-Qur’an punya banyak keutamaan.

Dengan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan secara bertadarus, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat. Sebagaimana janji Allah Swt dalam firman-Nya di surat Al Fathur ayat 39-40, artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukur“.

Baca Juga :   Fakta Nastar yang Tak Banyak Diketahui

Lantas, apa keutamaan lain dari tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadan? Yuk, simak!

1. Dinaikkan Derajatnya oleh Allah Swt

Rasullah SAW bersabda, orang yang rajin bertadarus Al-Qur’an selama bulan Ramadan akan mendapat keistimewaan dari Allah Swt. Adalah dinaikkan dan diangkat derajatnya.

“Allah mengangkat derajat beberapa kaum melalui kitab ini [Al-Quran] dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula,” (H.R. Muslim).

2. Dilindungi Malaikat

Tidak hanya dinaikkan derajatnya, Allah Swt pun mengutus malaikat untuk melindungi umat Muslim yang bertadarus. Bahkan, Allah Swt tetap memberikan keistimewaan ini pada orang yang belum terlalu mahir membaca Al-Qur’an, namun tetap semangat mengikuti tadarus.

Orang yang mahir dalam membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan selalu berbuat baik, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan [dalam membaca], maka baginya dua pahala,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga :   Salah Kaprah Tadarus dan Tarawih

3. Meningkatkan Keimanan

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa, ini dikarenakan kondisi keimanan setiap orang mudah berubah. Nah, untuk menjaga kekonsistenan iman maka Allah Swt memerintahkan hamba-Nya untuk membaca Al-Qur’an, terlebih di bulan Ramadan.

Dengan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan, maka keimanan seseorang bisa meningkat. Pasalnya, Al-Qur’an bisa membuat jiwa semakin sadar dan merasakan ketenangan. (trj/may)

Simak videonya: