Mau Jadi ART di Malaysia? Segini Gajinya

1146

 Jakarta (WartaBromo.com) –  Pemerintah Malaysia mengungkap gaji warga Indonesia apabila menjadi asisten rumah tangga di Malaysia. Besarannya setara dengan upah minimum di Negeri Jiran.

Baru-baru ini, pemerintah Indonesia dan Malaysia menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait penerimaan dan perlindungan ART Indonesia. Dalam nota tersebut juga tertuang besaran gaji yang bisa diberikan majikan di Malaysia untuk ART asal Indonesia.

“Ketika kami berdiskusi [dengan RI], meski saya suka gagasannya, saya tak bisa sepakat dengan 1.500 ringgit (Rp5 juta) karena upah minimum kami [saat itu] 1.200 ringgit (Rp4 juta),” kata M Saravanan, Menteri Ketenagakerjaan Malaysia dilansir dari CNN.

Sebelumnya pemerintah Indonesia telah mengajukan upah ART Indonesia di Malaysia sekitar Rp5 juta. Namun gagasan ini tidak bisa diterima Pemerintah Malaysia.

Baca Juga :   3 Warna Cat Rumah yang Dipercaya Bawa Keberuntungan

“Pemerintah (Malaysia) tidak bisa melaksanaan permintaan Indonesia yang meminta gaji PRT dibayar RM1.500 (Rp5,09 juta) kecuali atas persetujuan majikan,” lanjutnya.

Sekadar diketahui, setelah lebaran, sekitar 10 ribu ART asal Indonesia akan berangkat ke Malaysia. MoU ini sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap ART Indonesia di Malaysia. (may/ono)