Puluhan Sapi di Lumajang Mendadak Lumpuh, Ini Penyebabnya

664
Hewan ternak sapi (ilustrasi).

Lumajang (wartabromo.com) – Puluhan ekor sapi di Kabupaten Lumajang mendadak lumpuh. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang pun akhirnya mengetahui penyebabnya.

Beberapa hari terakhir, peternak sapi di Lumajang melaporkan hewan ternaknya mendadak lumpuh. Petugas kemudian mengambil sampel untuk diidentifikasi penyebabnya di laboratorium. Hasilnya terungkap, puluhan sapi ini terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Terduga banyak ternak kita yang terkonfirmasi mengidap PMK terutama di daerah Pasirian Kunir dan Tempeh. Masing-masing puskeswan sudah bergerak mengidentifikasi,” terang Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, Hairil Diani saat dikonfirmasi, Senin (9/5).

Sebelumnya penyakit ini terdeteksi di beberapa kota di Jawa Timur. Seperti Sidoarjo dan Gresik. “Kemudian kita bergerak untuk melihat kondisi di lapangan,” terangnya.

Baca Juga :   Bangkitkan Ekonomi dengan Material Lahar Dingin, Penyintas Erupsi Semeru Bikin Batako

Belum diketahui jumlah sapi di Lumajang yang terkonfirmasi PMK. Namun demikian, pemerintah meminta pemilik sapi segera lapor apabila hewan ternaknya mengalami gejala lumpuh, susah makan dan mulut berliur ke petugas. (rul/may/ono)