Selamat, Dua Tahun Berturut-Turut Pemkot Pasuruan Raih Opini WTP dari BPK

984

Sidoarjo (WartaBromo.com) – Pemerintah Kota Pasuruan kembali mendapatkan prestasi membanggakan. Untuk kali kedua secara berturut-turut, Pemkot Pasuruan kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Jawa Timur.

Opini WTP ini diberikan BPK RI perwakilan Jawa Timur atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2021.

Penyerahan opini WTP BPK diserahkan secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur, Joko Agus Setyono di Auditorium Kantor BPK RI perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo, Senin (23/5) sore. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)  berkesempatan untuk menerima langsung penghargaan tersebut
Turut hadir dalam penerimaan Opini WTP adalah Wawali Pasuruan, Adi Wibowo, Sekda Rudiyanto, serta Wakil Ketua DPRD, Dedy Thajo Poernomo.

Baca Juga :   Kapolda Jatim Sambangi Kampung Tangguh di Bugul Kidul

Gus Ipul menyampaikan rasa syukur atas kembali diraihnya Opini WTP dari BPK. Menurutnya prestasi ini dapat diraih berkat kerja keras bersama.

“Alhamdulillah. Ini tahun kedua kita berturut-turut meraih Opini WTP. Saya berterimakasih atas kerja keras semua OPD,” ujarnya.

Gus Ipul juga mengingatkan agar tidak cepat berpuas diri dan tidak lengah mengingat tantangan ke depan semakin berat. Utamanya dalam upaya perbaikan menindaklanjuti rekomendasi dari BPK.

“PR kita masih banyak. Terutama tindak lanjut atas rekomendasi BPK terkait aset kita yang harus lebih tercatat dengan baik. Begitu pula halnya dengan perencanaan yang harus lebih dimatangkan kembali agar penganggaran kita juga lebih baik,” cetusnya.

Baca Juga :   Selang Bocor Saat Diperbaiki, Mobil Pikap Terbakar

Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga menjadi fokus Pemkot Pasuruan ke depan. Gus Ipul mengajak seluruh OPD, utamanya dinas terkait untuk lebih maksimal meningkatkan upaya peningkatan PAD Kota Pasuruan.

“Kunci sukses untuk mewujudkan itu semua tentunya kolaborasi dan kerjasama seluruh OPD. Jangan ada ego sektoral. Itu kunci suksesnya,” pintanya mewanti wanti.

Sementara Kepala BPK RI perwakilan Jawa Timur, Joko Agus Setyono menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Daerah yang berhasil mempertahankan raihan Opini WTP.

Menurut Joko, raihan opini WTP ini diharapkan dapat mendorong jajaran pemerintah daerah untuk meningkatkan tata kelola keuangan pemerintah yang transparan dan akuntabel.

“Raihan opini WTP oleh pemerintah daerah diharapkan dapat diikuti dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat”, tutur Joko dalam sambutannya.

Baca Juga :   Istri Bupati Pasuruan Blusukan ke Ponpes Bagi - bagi Alat Makan

“Semoga kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan sesuai fungsi dan kewenangannya masing-masing”, imbuh Joko (day/*)