Fakta Menarik Sungai Aare, Lokasi Hilangnya Putra Ridwan Kamil

3878

Pasuruan (wartabromo.com) – Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat dikabarkan hilang, pada Kamis, (26/05/2022). Diketahui, lokasi hilangnya adalah di Sungai Aare, Swiss.

Netizen pun merasa penasaran dan berburu mencari informasi mengenai sungai tersebut. Pasalnya, menurut pemberitaan, Eril (sapaan akrab Emmeril Kahn Mumtadz) hilang terseret arus sungai.

Nah, dilansir dari berbagai sumber berikut ada fakta-fakta menarik terkait sungai Aare, Swiss:

1. Sungai Terpanjang di Swiss

Fakta pertama, sungai Aare lebih dikenal sebagai sungai Aar. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Swiss.

Adapun aliran airnya mengaliri di area seluas 17.780 kilometer persegi. Air berwarna biru kehijauan membuat pemandangan sekitar Sungai Aar nampak indah.

2. Airnya Berasal dari Lelehan Glasial di Pegunungan Alpen

Air sungai Aare yang mengaliri Bern berasal dari air lelehan glasial di Pegunungan Alpen. Saat musim panas, suhunya 15-22 derajat Celsius.

Temperatur tersebut dipengaruhi oleh suhu udara sekitar, intensitas cahaya matahari, dan angin di danau Thun.

3. Masuk dalam Warisan Tak Benda Swiss

Sejak tahun 2017, berenang di sungai Aare telah masuk ke dalam daftar tradisi UNESCO dan warisan budaya tak benda Swiss.

Bahkan, Swiss Federal Office of Culture telah memutuskan, aktivitas berenang di sungai ini masuk dalam klasifikasi tradisi budaya.

Namun, keindahan di sungai Aare kini tak dapat dinikmati dalam jarak dekat. Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri pada tahun 2021 telah mengumumkan bahaya berenang di sungai tersebut. (trj/may)