Dituding Punya Santet, Rumah Warga di Paiton Dibakar Massa

1917

Paiton (WartaBromo.com) – Sekelompok warga membakar sebuah rumah di Desa Alas Tengah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo pada Kamis (2/6/2022) malam. Massa menuding Sanimo, si empunya rumah memiliki ilmu santet.

Massa tiba di rumah korban yang berada di Dusun Cendil Sekitar pukul 18.30. Semula, kedatangan mereka untuk mengklarifikasi kebenaran kabar bahwa ia memiliki ilmu santet.

Sanimo pun membantahnya. Namun, hal itu justru membuatĀ  massa emosi. Bahkan ada yang memukul Sanimo hingga memaksa korban meninggalkan rumahnya.

Tapi, emosi warga semakin tak terkendali. Mereka lantas merusak rumah korban dengan melempari batu. Sebagian lagi, membakar rumah di bagian belakang.

Aksi anarkis dapat diredam setelah Polsek Paiton dan pasukan Dalmas Sat Samapta Polres Probolinggo mendatangi lokasi. Mereka kemudian perlahan-lahan membubarkan diri.

Baca Juga :   Mulai Hari Ini, Operasi Patuh Semeru Digelar

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki kasus itu. “Kami Polres Probolinggo akan mengusut secara tuntas dalam menangani perkara ini. Agar para pelaku perusakan dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya,” ujarnya.

Arsya menyayangkan warga yang mudah emosi dan terhasut dengan isu santet yang berkembang. Tanpa mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya.

“Apalagi main hakim sendiri seperti ini. Apabila ada masalah, temui Bhabinkamtibmas atau Babinsanya untuk melapor terkait permasalahan yang ada di masyarakat,” tandas Kapolres Probolinggo. (saw//asd)