Pilkada Kota Pasuruan 2024 Diperkirakan Butuh Anggaran Rp 23,9 Miliar

118

Pasuruan (WartaBromo.com) – KPU Kota Pasuruan mulai melakukan persiapan Pilkada Kota Pasuruan tahun 2024 mendatang. Anggaran untuk pesta demokrasi lima tahunan ini mulai diajukan.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari mengatakan, anggaran yang diajukan untuk pilkada tahun 2024 depan lebih besar dibanding tahun 2020 kemarin.

Menurut Royce, kebutuhan pilkada tahun 2024 tidak banyak berbeda dengan tahun 2020, mulai kebutuhan logistik, sosialisasi, hingga honor badan adhoc.

Bahkan KPU juga masih mengalokasikan pengadaan alat pelindung diri (APD) sebagai kelengkapan protokol kesehatan karena diasumsikan pandemi belum usai.

“Soal APD, kami belum berani menghilangkan. Sampai saat ini status pandemi juga belum dicabut,” kata Royce, Jumat (01/07/2022).

Baca Juga :   Koran Online 20 April : PKB Jadi Jawara di Dapil Pasuruan 6, hingga Lumajang segera Punya Tol

Total anggaran yang diajukan KPU untuk pilkada tahun 2024 mendatang sebesar Rp23,9 miliar. Lebih besar dari tahun 2020 yangsebesar Rp20,7 miliar. Royce menyebut, hal ini karena dihitung berdasarkan laju inflasi.

Dari sekian anggaran tersebut, kata Royce, alokasi honor untuk badan ad hoc memakan 3/4 anggaran. Mereka adalah panitia pemilihan kecamatan (PPK) hingga petugas pemutakhiran data pemilih.

Royce melanjutkan, untuk kebutuhan logistik diasumsikan masih sama seperti tahun lalu. Jumlah TPS tak berubah, yakni 625 TPS dengan masing-masing TPS dibatasi berjumlah 450 pemilih.

“Anggaran sudah kami ajukan bulan Juni. Setelah itu masih belum ada pembahasan lebih lanjut,” kata Royce. (tof/yog)