Cara Mengobati Bayi Demam dengan Bawang Merah

306

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian orang tua lebih memilih mengatasi demam pada bayi dengan cara alami. Salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh adalah menggunakan bawang merah.

Bukan tanpa sebab, cara alami ini dipilih karena dinilai lebih aman dan terhindar dari ketergantungan obat medis. Selain itu, tak membutuhkan biaya banyak sebab bahan-bahannya bisa didapat dengan mudah di sekitar.

Meski proses penyembuhannya tak secepat obat medis, namun pengobatan demam pada bayi dengan bawang merah cukup efektif. Hanya saja, para orang tua harus tahu cara pengaplikasiannya dengan benar.

Berikut cara penggunaan bawang merah untuk meredakan demam yang direkomendasikan dr. Sepriani Timurtini Limbong dilansir dari klikdokter.com:

  • Siapkan 3-5 butir bawang merah.
  • Kupas dan cuci bersih.
  • Iris, atau parut bawang merah, tetapi jangan sampai halus.
  • Tambahkan sedikit minyak (minyak telon, minyak kayu putih, minyak zaitun).
  • Kemudian, aduk merata.
  • Balurkan campuran tersebut ke badan anak, seperti ubun-ubun, perut, dada, lipatan lengan, paha, dan telapak kaki.
Baca Juga :   Gedung SKB Pandaan Mulai Dipakai Untuk Isolasi

Menurut Sepriani, cara penggunaan bawang merah untuk mengatasi demam pada bayi berbeda di setiap negara. Semua tergantung dari gejala yang dialami.

“Di Indonesia, ada beberapa cara pengaplikasian bawang merah untuk pengobatan luar. Di negara-negara lain, bawang merah dimasukkan ke dalam kaus kaki yang kemudian dipakai anak saat tidur,” jelasnya. (trj)