Sering Tumbuh di Pekarangan, Bunga Cantik Ini Ternyata Bisa Bantu Obati Penderita Bronkitis

150

Pasuruan (WartaBromo.com) – Banyak tumbuhan liar di sekitar rumah yang keberadaan kerap dianggap tak berguna. Bahkan, kebanyakan orang memilih untuk melibas dan membuangnya begitu saja.

Padahal, beberapa tanaman liar tersebut justru bisa diolah menjadi obat herbal. Salah satunya seperti tanaman liar bernama bungan telang.

Dilansir dari halodoc.com, dokter umum dr. Rizal Fadli menjelaskan, bunga telang mampu menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, bisa juga dipakai sebagai pewarna makanan alami.

“Jika dilihat dari tampilan luarnya saja, kamu tidak akan menyangka jika manfaat bunga telang mampu menunjang kesehatan tubuh seseorang,” jelasnya.

Tak hanya bunganya, akar bunga telang juga bisa digunakan untuk obat herbal. Yakni, untuk mengeluarkan dahak pada penyakit bronkitis kronis.

Baca Juga :   Harga Cabe Mahal, Begini Siasat Pemilik Warung Makan di Probolinggo

Akar bunga telang bersifat laksatif alias pencahar. Agar bisa mendapatkan manfaatnya, Bolo bisa mencuci akar bunga telang sampai bersih lalu iris tipis-tipis dan rebus sampai mendidih.

Kemudian, minum air rebusan akar bunga telang selagi hangat. Konsumsi ramuan ini seminggu 2x dan jangan terlalu sering mengkonsumsinya.

Mengapa? Sebab, akar bunga telang bersifat beracun dan memiliki efek samping sakit perut. Dan, untuk menghindari efek samping berlebihan, konsultasikan dengan dokter lebih dahulu. (trj)