Ribuan Nakes di Kota Pasuruan Siap Disuntik Vaksin Covid Dosis Empat

171

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ribuan tenaga kesehatan di Kota Pasuruan akan menerima vaksin boster kedua yang akan dilakukan pada awal bulan Agustus 2022.

Sheirly Marlena, Kadinkes Kota Pasuruan menjelaskan, vaksin booster kedua atau vaksin dosis keempat akan diberikan kepada jajaran tenaga kesehatan. Vaksinasi booster tersebut bertujuan menambah kekebalan tubuh atau imunitas terhadap virus corona.

Pasalnya, imunitas dari vaksin ketiga atau booster telah menurun dalam kurun waktu enam bulan sejak disuntikkan.

Namun demikian, pihak Dinas Kesehatan masih menunggu vaksin jenis moderna yang sudah diperuntukkan kepada nakes di vaksin booster pertama.

“Masih menunggu moderna dari propinsi, petunjuk pusat nakes dulu,” kata Shierly, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga :   Ningsih Tinampi Promosi Obat Corona, IDI Sebut Belum Ditemukan

Sementara itu, stok vaksin moderna masih belum datang kembali di Kota Pasuruan, pihaknya masih menunggu stok vaksin kembali diberikan Provinsi.

Namun, Sheirly mengungkapkan jika 1462 nakes yang sudah melakukan booster pertama sudah diberikan sosialisasi terlebih dahulu untuk mengikuti vaksin dosis ke empat tersebut.

“Pelaksanaan boster di masing-masing puskesmas, atau dirumah vaksin juga bisa,” tuturnya.

Sekedar diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Surat Edaran Nomor SR.02.06/C/3632/2022 tertanggal 29 Juli 2022 memberikan rekomendasi jenis vaksin untuk vaksinasi booster kedua.

Tertulis, jenis vaksin untuk vaksinasi dosis penguat kedua sesuai rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). Vaksin tersebut antara lain Astra Zeneca, Pfizer, Moderna, Sinopharm, serta Sinovac. (don/yog)