Pemkot Pasuruan Gelar Pasuruan Heritage Festival

207

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Pasuruan menggelar Pasuruan Heritage Festival pada Jumat, (9/9/2022) di Gedung Olahraga (GOR) Surapati Kota Pasuruan.

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memperlihatkan ragam warisan leluhur dan cagar budaya di Kota Pasuruan.

“Dengan adanya Festival Pusaka Pasuruan, masyarakat bisa secara langsung melihat benda warisan budaya, salah satunya keris yang merupakan benda pusaka Indonesia,” ujar Mas Adi saat berkunjung ke stand keris.

Tak hanya benda keramat seperti keris, dalam festival tersebut juga ditampilkan berbagai kesenian dari berbagai daerah seperti Seni Budaya tarian Remo, Barongsai dan Seni Hadrah atau Ishari.

Baca Juga :   Dibangun MCK Komunal, Warga Pasuruan Diharapkan Tak Buang Hajat di Sungai

Pengunjung dari berbagai wilayah pun turut langsung melihat cagar budaya yang ditampilkan di sana. Adapun yang paling digemari adalah cagar budaya yang punya kesan mistis.

Tak hanya itu, Mas Adi menjelaskan, Festival Pusaka Pasuruan yang dihadiri Kabupaten, Kota, dan ada dari Luar Jawa Timur ini sangat berharga. Terlebih, bila dilihat dari sejarahnya, Kota Pasuruan punya value kuat terkait budaya.

“Kegiatan hari ini sangat bergairah pameran ini selain festival pusaka pasuruan kita lihat juga menggerakkan sektor lain menggerakkan ekonomi kreatif, dan UMKM yang pasti berkaitan dengan pusaka,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disparpora Kota Pasuruan, Basuki menambahkan, warisan budaya ini bisa menghapus kesan mistis.

Baca Juga :   Bangunan Ambruk SDN Gentong Belum Bisa Dibongkar

Ia pun berharap gelaran ferstival yang akan berlangsung hingga Selasa, (13/9/2022) mendatang, bisa menarik wisatawan lokal hingga mancanegara untuk berkunjung ke Kota Pasuruan. Sehingga bisa menambah pemasukan di sektor perekonomian warga sekitar.

“Kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan dan mengembangkan seni budaya. Termasuk diharapkan menarik wisatawan berkunjung ke Kota Pasuruan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada pembukaan festival ini turut hadir pula ketua DPRD Kota Pasuruan, jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Asisten, Kepala OPD, Camat dan Lurah Se-Kota Pasuruan serta pegiat seni dan budaya dari Jawa Timur. (trj/**)