Kenapa Harus Rajin Ganti Seprei? Simak 3 Alasannya!

156

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tidur menjadi suatu kebutuhan setiap manusia untuk merecharge energi setelah seharian lelah beraktivitas. Maka, dibutuhkan tempat dan properti yang nyaman salah satunya seprei yang bersih.

Tak cuma bersih, seprei juga harus rutin diganti guna menghindari segala macam kotoran dan debu. Dilansir dari kompas.com, pakar penataan rumah Maeve Richmond seprei wajib diperhatikan kebersihannya layaknya pakaian.

“Kamu perlu mengganti sprei secara teratur dan perlu dibersihkan dengan mencucinya ke dalam mesin cuci ataupun menyikat sendiri,” jelasnya.

Selain masalah kebersihan, apa alasan lain yang mendasari seprei harus diganti secara rutin? Berikut diantaranyaa:

1. Mengindari Biang Jamur dan Hewat Pengerat

Tak jarang saat tidur manusia mengeluarkan keringat, terutama saat udara panas. Nah, keringat tersebut pasti menempel di sprei dan menjadi tempat yang disukai jamur.

Apalagi saat tidur di malam hari sel-sel tubuh diperbaiki dan diperbaharui dengan sel baru, begitu pula halnya dengan kulit. Sisa-sisa kulit mati inilah yang akan menjadikan sprei tempat yang digemari hewan pengerat seperti tikus dan tungau.

2. Menghindari Penyakit Kulit

Sprei yang kotor dan jarang diganti akan memicu berkembangnya kuman dan bakteri. Bila jamur dan kuman sudah bersarang, maka berbagai penyakit kulit rawan menyerang.

Seperti panu dan kadas. Meski tak berbahaya, penyakit kulit tersebut rawan menular kepada orang lain dan kerap menimbulkan bau tak sedap bila sedang berkeringat.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Tak seorang pun betah tidur di tempat yang kotor, apalagi seprei yang sangat jarang dicuci atau diganti. Kotoran yang menempel dan bau tak sedap sudah pasti membuat tidur tak nyaman.

Nah, kalau Bolo tak punya cukup stok untuk mengganti seprei, maka bisa beli di sini. (trj)