Tanam 200 Pohon Durian, Alfamart Sahabat Bumi Peduli Pasuruan

95
Regional Corcom Manager Alfamart, M Faruq Asrori (bawa gayung berisi air) menanam pohon durian Musang King bersama DLH di Pogar Urban Forest, Jumat pagi (7/10/2022).

Pasuruan (WartaBromo.com) – PT Sumber Alfaria Trijaya, pengelola minimarket terkemuka, Alfamart, meluncurkan program Sahabat Bumi. Bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, Alfamart menanam 200 bibit durian jenis Musang King pada Jumat (7/10/2022).

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan di Pogar Urban Forest, Kelurahan Pogar Bangil. Penanaman pohon Alfamart ini sekaligus sebagai bentuk kepedulian lingkungan. Harapannya mengajak masyarakat agar turut serta merawat bumi, melakukan konservasi dengan cara menanam pohon dan menjadikan bumi menjadi hijau kembali.

“Pemanasan global menjadi isu utama yang menyita perhatian kita. Maka dari itu, kami dari Alfamart mengajak semua elemen masyarakat untuk merawat bumi. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon,” cetus M Faruq Asrori, Regional Corcom Manager PT Sumber Alfaria Trijaya saat di lokasi Pogar Urban Forest Jumat pagi.

Faruq kemarin didampingi M Sofi`i dan beberapa karyawan Alfamart Jember. Tampak menyambut dari DLH adalah Kabid Tata Lingkungan M Khoiron dan salah satu Kasi, Muhsin.

Kabid Tata Lingkungan DLH Kabupaten Pasuruan, M. Khoiron (baju hitam) memberikan sertifikat kepada M. Faruq Asrori usai menyerahkan 200 pohon durian.

Program Alfamart Sahabat Bumi merupakan wujud komitmen perusahaan untuk mendukung program pemerintah meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan. Salah satunya dengan melakukan penanaman 20.000 pohon di beberapa titik di Indonesia.  

Selain itu, Alfamart juga memiliki 6 pilar Corporate Social Responsibility (CSR). Yaitu alfamart smart (pendidikan dan SDM), alfamart SMEs (UMKM), Alfamart vaganza (budaya), Alfamart sport (olahraga), Alfamart care (sosial) dan Alfamart clean and green (kepedulian lingkungan).

“Untuk bantuan penanaman pohon kali ini merupakan implementasi dari program kepedulian lingkungan,” tukasnya.

Selain mengajak masyarakat untuk menanam pohon, Faruq yang juga mantan jurnalis ini, juga berharap masyarakat mengurangi sampah. Terutama sampah plastik atau tas kresek, streafoam dan bahan-bahan lain yang sulit terurai. Karena itu cukup berbahaya.

“Yang saya dengar di daerah Jombang itu malah sudah ada Perbup tentang daerah bebas sampah plastik. Ini saya kira baik untuk diterapkan di daerah-daerah lain,” cetusnya.

Selain menjalankan program Sahabat Bumi, acara penanaman pohon Alfamart ini juga dilakukan dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pasuruan yang ke 1093. Sekaligus Alfamart juga merayakan Ultah yang jatuh di Bulan Oktober ini.

Sementara itu, M Khoiron mewakili Kepala DLH, Heru Farianto, menyatakan terima kasih atas kontribusi Alfamart dalam upaya melestarikan lingkungan dengan menanam pohon.

“Untuk simbolisnya kita tanam di sini beberapa unit. Yang lain, akan kami tanam di daerah Lumbang. Karena jenis pohon Durian ini cocok kita tanam didataran tinggi seperti Lumbang,” ucap Khoiron.

Penanaman pohon durian di Lumbang nantinya akan melibatkan Forum Kordinasi Pengelolaan DAS dengan peran Jasa Lingkungan (Jasling). “Akan kita rawat sebaik-baiknya. Dan semoga ini juga bisa ditiru oleh perusahaan-perusahaan lainnya,” cetusnya. (day/*)