Ini Pernyataan Lengkap Deklarasi Dandung Ansor Bangil

82
Suasana Rakercab II PC GP Ansor Bangil di salah satu villa di kawasan Prigen Kabupaten Pasuruan, Minggu (23/10/2022). | Foto. Istimewa

Prigen (WartaBromo.com) – Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Bangil merumuskan beberapa isu strategis dalam Raker II PC GP Ansor Bangil 2022 di Villa Hijau, Dandung-Prigren, Kabupaten Pasuruan Minggu (23/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut dihasilkan lima point of view yang diberi nama “Deklarasi Dandung” yang didasarkan pada fokus kajian dari beberapa isu strategis di beberapa tahun terakhir yakni mencakup ke-Ansor-an, Ke-NU-an, lokal, Nasional dan Kepemimpinan Daerah di Kabupaten Pasuruan.

Berikut isi dari Deklarasi Dandung hasil raker II PC GP Ansor Bangil 2022:

  1. Dalam rangka menyiapkan kader GP Ansor Bangil megahadapi tantangan global dan abad ke-2 Nadhatul Ulama, PC GP ansor Bangil memandang perlu melakukan strategi kaderisasi berbasis kompetensi keahlian kader. Kader profesional yang memiliki kompetensi keahlian khusus dan terdistribusi dalam seluruh leading sector.
  2. Bahwa sesuai dengan fakta sejarah lahirnya PCNU Bangil sebagai salah satu PCNU yang lebih dahulu berdiri di wilayah Pasuruan Raya (Berdiri tahun 1928), maka demi terwujudnya efektifitas peran kerja ke-NU-an di wilayah Kabupaten Pasuruan meminta kepada BPNU melalui PCNU Bangil untuk melakukan pemekaran wilayah PCNU Bangil dengan menambah jumlah MWC NU yang asalnya 6 MWC NU menjadi minimal 10 MWC NU.
  3. PC GP Ansor Bangil mendesak Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk segara melakukan langkah nyata pemindahan Ibu Kota Kabupaten Pasuruan di Bangil dengan serius, yaitu memindahkan Pendopo dan Rumah Dinas Bupati di wilayah Bangil, sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) Nomer 27 tahun 2016 tentang pemindahan Ibukota Kabupaten Pasuruan.
  4. Bahwa mengingat perbelatan tahun politik 2024, PC GP Ansor Bangil satu barisan dengan PBNU untuk melawan segala bentuk politik identitas. Meminta kepada seluruh kader untuk meningkatkan kewaspadaan baik itu di masyarakat maupun sosial media dari gerakan radikalis dan propaganda kebencian.
  5. PC GP Ansor Bangil meminta secara khusus kepada PCNU Bangil untuk mendukung dan merekomendasikan kader terbaik di PCNU Bangil menjadi calon bupati dan atau calon wakil bupati dalam pilkada di Kabupaten Pasuruan sebagai bentuk sumbangsih terbaik bagi pembangunan daerah.
Baca Juga :   Ansor Kabupaten Probolinggo Santuni Ratusan Fakir Miskin

Sebagai informasi, raker II PC GP Ansor Bangil 2022 ini dihadiri oleh seluruh Pimpinan Ranting, Pimpinan Anak Cabang di wilayah PC GP Ansor Bangil hingga seluruh jajaran pengurus PC GP Ansor Bagil. Dan dipimpin langsung oleh ketua PC GP Ansor Bangil, Gus Saad Mufti. (trj/yog)