Instalasi Pengolah Lumpur Tinja di Kota Pasuruan Senilai Rp 7M Rampung

171

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kota Pasuruan kini memiliki Instalasi Pengolah Lumpur Tinja (IPLT). Instalasi ini bermanfaat untuk mengolah tinja, supaya lingkungan jadi lebih sehat.

IPLT dibangung di Kelurahan Blandongan, tepat berada di seberang Tempat Pembuangan AKhir (TPA). Fasilitas ini merupakan salah satu bentuk bantuan dari pemerintah pusat, yang nilainya mencapai Rp 7 Miliar.

Saifullah Yusuf, Wali Kota Pasuruan mengungkapkan rasa syukur karena IPLT ini akhirnya bisa selesai tahun ini. 

“IPLT ini menjadi suatu hal yang melengkapi apa yang dibutuhkan Kota Pasuruan, yaitu adanya sistem pengelolaan lumpur tinja yang berasal dari berbagai tempat, lalu diproses sedemikian rupa serta kemudian dimanfaatkan untuk menjadi pupuk yang nilainya lebih bermanfaat,” kata Gus Ipul.

Baca Juga :   Rumah di Rejoso Terbakar

Masih kata Gus Ipul, instalasi yang satu ini sangat penting untuk menciptakan sanitasi yang baik. Sehingga lingkungan juga bersih dan warga pun jadi lebih sehat.

“Sanitasi harus dikelola dengan baik. Karena jika tidak dikelola dengan baik, maka akan menyebabkan datangnya berbagai penyakit bahkan bisa memicu stunting” imbuh Gus Ipul

Pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur ini kemudian meminta supaya para jasa angkut tinja bisa memanfaatkan instalasi ini. Agar tidak lagi membuang limbah tinja sembarangan.

“Lumpur tinja yang sudah diangkut, harus dibuang di tempat semestinya. Kita nanti akan bekerjasama dengan Pemkab Pasuruan, mungkin juga wilayah barat Kabupaten Probolinggo agar nantinya juga bisa ikut memanfaatkan instalasi ini,” serunya.

Baca Juga :   Hari Ini, Warga Kota Pasuruan Mulai Terima Bantuan Tunai

Terakhir Gus Ipul menyampaikan jika hasil dari pengolahan bisa membantu masyarakat. Baik dalam bentuk lingkungan yang sehat, hingga hasil dari pengolahan.

“Sembari kita berharap agar hasil olahan limbah ini nantinya memiliki nilai lebih dan dapat dirasakan manfaatnya juga oleh masyarakat,” tandasnya. (may/**)